Lebih hemat cuma modal 4 bahan alami, ini cara bikin micellar water ampuh bersihkan makeup

Lebih hemat cuma modal 4 bahan alami, ini cara bikin micellar water ampuh bersihkan makeup

Selain mampu menutrisi dan melembapkan kulit, air mawar ternyata juga bermanfaat untuk membantu membersihkan sisa makeup waterproof pada area mata dan bibir tanpa mengakibatkan iritasi. Air mawar juga dapat mencegah penyumbatan pada pori, sehingga kulit wajah terlihat selalu segar, sehat, dan cerah.

Begitupun dengan witch hazel yang merupakan ekstrak tanaman yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama untuk kulit dan kecantikan. Ekstrak witch hazel kaya akan antioksidan yang berperan sebagai astringen alami. Dengan demikian, manfaat witch hazel untuk wajah dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit berminyak.

Tak heran bila kandungan ini kerap ditemui dalam toner dan produk kosmetik yang memberi hasil akhir matte di wajah. Selain itu, bahan ini juga bersifat astringen yang membantu membersihkan kulit dan memberikan efek pendinginan.

Sedangkan rosehip oil adalah minyak esensial yang diekstrak dari biji dan daun tanaman mawar. Tak ayal banyak yang menyebut rosehip oil sebagai minyak biji rosehip. Manfaat rosehip oil berasal dari berbagai kandungan bahan aktif di dalamnya, seperti linoleat, alpha-linolenic, asam oleat, serta berbagai vitamin dan asam lemak esensial. Selain itu, rosehip oil juga mengandung zat antiradang, antivirus, dan antijamur.

Manfaat rosehip oil untuk wajah yang mungkin tak kamu sangka-sangka adalah membersihkan makeup, termasuk yang sifatnya waterproof sekalipun, seperti maskara, eyeliner, atau alas bedak. Minyak rosehip dapat membersihkan wajah tanpa membuat kulit kehilangan kelembapannya. Kulit kamu pun jadi tidak terasa kering atau, memunculkan tanda-tanda alergi. Mudah menyerap ke dalam kulit, membuat minyak rosehip tidak rentan menyumbat pori-pori.

Cara membuat micellar water yang ampuh bersihkan makeup pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@littlechangeshappyearth

Tak terkecuali dengan almond oil bisa dijadikan sebagai pembersih wajah alami yang bersifat melembapkan dan mencegah kulit kering. Minyak ini juga baik untuk mencegah dan membantu meredakan gejala eksim dan psoriasis. Pasalnya, kandungan senyawa antioksidan, antiradang, dan antibakteri didalamnya dapat membantu membersihkan wajah tanpa membuatnya iritasi.

Hanya dengan keempat bahan tersebut, kamu bisa membuat micellar water sendiri untuk membersihkan makeup dan sisa kotoran di wajah. Selain lebih hemat, micellar water buatan ini juga tak kalah efektif dari produk pasaran lho. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Cara membuat micellar water yang ampuh bersihkan makeup pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@littlechangeshappyearth

Bahan:

1. 1/3 cup air mawar.
2. 1/3 cup witch hazel.
3. 1 sendok makan rosehip oil.
4. 1 sendok makan almond oil.

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut pada botol penyimpanan.
2. Kocok-kocok sampai bahan-bahan tersebut tercampur merata.
3. Untuk penggunaannya, tuangkan micellar water buatanmu pada kapas lalu usapkan pada wajah.
4. Ulangi beberapa kali sampai riasan atau sisa makeup benar-benar bersih.
5. Simpan pada suhu ruang agar lebih awet.
6. Kocok terlebih dahulu sebelum menggunakan.

@littlechangeshappyearth #diymicellarwater original sound - littlechangeshappyearth

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES