Kulit mulus bebas gatal, begini cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur

Kulit mulus bebas gatal, begini cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur

Bawang putih tak hanya bisa digunakan untuk membumbui sajian dan meredakan gangguan saluran cerna saja. Bawang putih yang mengandung mangan, vitamin C, kalsium, selenium dan serat ini juga bisa digunakan untuk merawat kulit. Melansir Healthline, bawang putih mengandung alisin, yaitu properti antijamur, antibakteri dan antivirus yang bisa digunakan meredakan berbagai gangguan iritasi pada kulit seperti jerawat dan stretch marks.

Selain membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, alisin juga bisa meredakan pembengkakan, ruam, juga melancarkan pembuluh darah. Bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi dan karenanya diyakini efektif melawan eksim. Bahkan jika digunakan secara rutin, bahan yang satu ini juga mempu meredakan gatal pada penyakit kulit lainnya.

Begitupun dengan cuka putih yang sudah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun. Cuka putih mengandung antimikroba, yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kulit. Misalnya, jamur di kuku, eksim, kutil di kulit, hingga infeksi telinga. Selain itu, cuka putih juga bisa dioleskan ke kulit untuk mengobati luka bakar ataupun infeksi akibat penyakit kulit yang di derita.

Minyak kelapa juga merupakan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi eksim. Minyak kelapa murni dipercaya sebagai obat eksim tradisional karena mengandung vitamin K dan E serta asam laurat. Berbagai kandungan ini dapat meredakan gatal dan memberikan efek sejuk pada kulit yang meradang. Selain itu, khasiat zat antijamur, antibakteri, dan antioksidan dari minyak kelapa murni juga sekaligus mengurangi risiko infeksi pada eksim.

Dengan menggunakan ketiga bahan yang sudah disebutkan kamu bisa membuat ramuan untuk mengatasi gatal akibat eksim dan gejala peradangannya. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Bahan:

1. 2 siung bawang putih.
2. 2 sendok makan cuka putih.
3. 3 sendok makan minyak kelapa.

Cara membuat:

1. Kupas bawang putih lalu cuci sampai bersih.
2. Cincang bawang putih sampai halus lalu masukkan pada wadah.
3. Tambahkan cuka putih dan minyak kelapa.
4. Aduk ketiga bahan ini sampai tercampur merata.
5. Diamkan 10-12 jam pada wadah tertutup.
6. Aplikasikan pada bagian kulit yang mengalami eksim.
7. Diamkan beberapa saat sekitar 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
8. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@iamthatgirl816

Video yang berisi cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur ini viral. Sampai artikel ini ditulis, videonya sudah dilihat sebanyak 220 ribu kali dan mendapatkan beberapa komentar.

"Semoga berhasil sembuh ....Aamiin," kata pemilik akun @yuniartislarang.

"sya jg pke tp ga pke cuka,bwang putihnya d parut,minyak kelapa,panasin,mantuuul," celetuk akun @yeninuraini1471.

@iamthatgirl816 Cara alami menghilangkan kadas, kurap, dan kutu air .#obatgatalalami #bawangputih #kadas #kurap #jamurkulit nhc nn - Mimami - Cao Minh i

(brl/wen)

tags

STORIES