Kulit mulus bebas gatal, begini cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur

Kulit mulus bebas gatal, begini cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur

Brilio.net - Eksim adalah salah satu penyakit yang terjadi ketika kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan munculnya ruam merah dan terasa gatal. Ruam dan gatal akibat eksim bisa muncul di bagian tubuh mana saja, terutama leher, dada, tangan, lutut, atau lipatan tubuh, seperti ketiak dan siku. Eksim dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mutasi genetik, keturunan, atau gangguan sistem imun.

Kondisi ini dapat melemahkan fungsi penghalang kulit (skin barrier) yang bertanggung jawab dalam menjaga kelembapan dan melindungi kulit. Kondisi kulit yang kering dan bersisik akibat eksim biasanya tidak menimbulkan luka basah, sehingga sering kali disebut dengan eksim kering. Namun, pada kasus serius, kulit akan terasa nyeri saat disentuh atau terdapat lepuhan kecil yang bisa pecah dan mengeluarkan cairan dan membentuk kerak.

Meski terasa gatal, penderita eksim tidak disarankan untuk menggaruknya. Pasalnya, menggaruk eksim dapat menyebabkan lapisan kulit rusak dan menimbulkan luka terbuka sebagai jalan masuknya kuman. Akibatnya, luka akan berujung menjadi infeksi. Semua orang dapat mengalami eksim tanpa terkecuali, dari orang dewasa hingga anak-anak.

Gejalanya pun dapat muncul sejak seseorang usianya sudah di atas dua tahun. Eksim bisa menghilang seiring bertambahnya usia, tetapi juga bisa menjadi penyakit seumur hidup. Meski bukan penyakit menular, namun diketahui bahwa belum ada obat yang dapat mengatasi eksim. Perawatan terhadap kondisi ini bertujuan untuk menyembuhkan kulit yang terserang serta mencegah gejalanya.

Nah, untuk mengurangi gejalanya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu. Bahkan kamu bisa menemukannya di dapurmu. Seperti halnya yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @iamthatgirl816 pada (19/5) lalu.

Cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Video unggahan tersebut berisi tentang cara mengatasi eksim menahun hanya dengan 1 bumbu dapur. Bumbu dapur yang digunakan adalah bawang putih. Tak hanya itu saja, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu cuka putih dan minyak kelapa.

"Basmi kadas, kurap, eksim menahun," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @iamthatgirl816, Jumat (9/6).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES