Keriput jadi pudar, ini trik lawan tanda penuaan di wajah pakai masker dari 1 jenis daun rempah

Keriput jadi pudar, ini trik lawan tanda penuaan di wajah pakai masker dari 1 jenis daun rempah

Dalam video tersebut, bahan yang digunakan adalah daun ketumbar, kacang almond dan yogurt. Daun ketumbar mengandung beragam senyawa aktif seperti zat antioksidan, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Zat antioksidan dapat mencegah kerusakan sel kulit oleh radikal bebas dan polusi lingkungan sehingga memperlambat proses penuaan kulit.

jenis daun rempah  Instagram

foto: freepik.com

Sementara itu, vitamin A dan C di dalam daun ketumbar juga sangat efektif dalam membantu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap terlihat kencang dan kenyal. Kacang almond sendiri pada dasarnya kaya akan komponen seperti vitamin E, asam lemak sehat, dan antioksidan. Vitamin E dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

jenis daun rempah  Instagram

foto: freepik.com

Kandungan asam lemak omega-3 berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, khasiat antioksidan di dalamnya dipercaya dapat mengurangi stres oksidatif pada kulit dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit. Sedangkan yogurt merupakan makanan yang mengandung banyak senyawa asam laktat dan probiotik.

jenis daun rempah  Instagram

foto: freepik.com

Asam laktat merupakan sejenis alpha hydroxy acid (AHA) alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, merangsang regenerasi sel baru, dan menyamarkan garis halus. Sementara itu, komponen probiotik di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan memperbaiki ekosistem mikrobiota di permukaan kulit dan menjaga kulit tetap lembap.

Nah, ketiga bahan alami di atas bisa kamu sulap menjadi masker wajah dengan beberapa langkah simpel di bawah ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari Instagram/@beauty.recipes.diylife pada Jumat (27/7).

Alat dan bahan:

1. 2-3 tangkai daun ketumbar
2. 5-6 kacang almond
3. 1 sendok teh yogurt
4. Alat penumbuk dan penghalus

Langkah pengerjaan:

jenis daun rempah  Instagram

foto: Instagram/@beauty.recipes.diylife

1. Ambillah sejumlah daun ketumbar, lalu haluskan dengan alat penumbuk
2. Sama dengan langkah di atas, haluskan 5-6 kacang almond hingga membentuk bubuk
3. Setelahnya, campurkan kedua bahan yang telah dihaluskan tadi sebanyak masing-masing 1 sendok teh ke dalam wadah kecil
4. Tuangkan pula 1 sendok teh yogurt ke dalam wadah tadi
5. Aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata
6. Aplikasikan sebagai masker wajah dan diamkan selama 10-15 menit
7. Bila waktu telah selesai, basuh wajah hingga bersih
8. Gunakan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

(brl/mal)

tags

STORIES