Hanya pakai 3 bahan dapur, ini trik atasi dan cegah tumbuhnya jerawat agar wajah mulus kembali

Hanya pakai 3 bahan dapur, ini trik atasi dan cegah tumbuhnya jerawat agar wajah mulus kembali

Brilio.net - Jerawat kerap kali membuat siapapun jadi tidak percaya diri. Pasalnya tak hanya kemunculannya yang disertai rasa sakit, namun bekasnya juga sulit untuk dihilangkan. Pada umumnya, penyakit kulit ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit oleh minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran yang kemudian terinfeksi bakteri. Jerawat juga sering dipicu oleh peradangan pada jaringan kulit atau perubahan hormon.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit. Tak hanya itu, perubahan hormon androgen merangsang kelenjar yang bernama sebaceous untuk menghasilkan minyak lebih banyak. Ini sebabnya beberapa orang berisiko mengalami jerawat, terutama remaja.

Sebagian besar kasus jerawat juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Artinya, ketika salah satu atau kedua orangtua pernah berjerawat, kemungkinan kamu juga berisiko mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, pencegahan jerawat harus dimulai dengan merawat kebersihan kulit dengan tepat. Meski terkesan sederhana, perawatan kulit wajah dari luar yang dilakukan secara rutin dan tepat bisa membuat jerawat tidak mudah muncul kembali.

Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @lovvieu pada (20/2/2021) lalu. Melalui unggahannya tersebut pemilik akun memberikan trik atasi dan cegah tumbuhnya jerawat agar wajah mulus kembali pakai 3 bahan dapur. Bahan yang digunakan adalah madu, bubuk kayu manis, dan bubuk kunyit.

"Anti-Acne Honey Face Mask (Masker Wajah Madu Anti Jerawat)," tulisnya dalam video yang diunggah, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @lovvieu, Senin (20/3).

Madu diperkuat oleh kandungan dua senyawa antimikroba, yaitu hidrogen peroksida dan metilglioksal. Keduanya memang dikenal efektif membunuh berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri yang kebal terhadap antibiotik jerawat.

Oleh sebab itu, madu digunakan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat secara alami.Bahkan madu juga mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit dan membantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat.

Trik atasi dan cegah tumbuhnya jerawat pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES