Cuma butuh 3 bahan dapur, begini trik merawat kulit acne prone agar wajah mulus dan bebas jerawat

Cuma butuh 3 bahan dapur, begini trik merawat kulit acne prone agar wajah mulus dan bebas jerawat

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @kenlezia. Melalui video yang diunggah, pemilik akun membagikan trik merawat kulit acne prone agar wajah mulus dan bebas jerawat pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah oatmeal, susu bubuk, dan madu.

"Serius masker ini bagus bgt buat acne prone cobain deh!" tulis pemilik akun dalam keterangannya, dikutip briliobeauty.net dari akun TikTok @kenlezia padaRabu (8/3).

Oatmeal umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan. Namun, sebenarnya ada banyak manfaat oatmeal untuk wajah dan kulit, lho. Oatmeal bisa menyerap minyak berlebihan pada kulit dan membantu mengobati jerawat. Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dimiliki oatmeal membantu merawat kulit kering dan mengangkat sel kulit mati.

Trik merawat kulit acne prone pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Oat juga mengandung saponin yang berperan sebagai pembersih alami. Senyawa aktif ini mampu menghilangkan kotoran dan minyak penyumbat pori-pori, serta mengelupas kulit. Kandungan seng di dalamnya juga mampu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Oatmeal juga bisa membantu menyerap minyak berlebih dari kulit yang bisa memicu jerawat. Bahkan bahan yang satu ini juga memiliki sifat calming yang mampu menenangkan jerawat yang meradang. Begitupun dengan susu bubuk yang mengandung protein tinggi serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Berkat kandungan nutrisinya, susu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan sering kali digunakan dalam mengobati gangguan pada kulit. Susu juga diyakini bisa digunakan untuk mengatasi jerawat lantaran sifat antibakteri yang ada pada susu. Sementara madu merupakan salah satu obat alami jerawat yang sudah digunakan sejak lama.

Hal ini mungkin dikarenakan kandungan zat pada madu yang dapat menyembuhkan luka dengan cepat, termasuk mengobati jerawat secara alami. Sedangkan, madu dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri di kulit. Hal tersebut dikarenakan oleh sifat antibakteri dan antiseptik hidrogen peroksida di dalam madu.

Madu juga dikenal memiliki efek antiperadangan yang membantu mengurangi kemerahan di kulit akibat jerawat. Dari manfaat ketiga bahan tersebut, diketahui bahwa bahan-bahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat masker guna merawat kulit berjerawat atau acne prone skin secara alami. Penasaran bagaimana caranya? Berikut langkah lengkapnya.

Trik merawat kulit acne prone pakai 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@kenlezia

Bahan:
1. 2 sendok teh oatmeal
2. Susu bubuk
3. Air hangat
4. Madu

Cara membuat:
1. Tuangkan 2 sendok teh oatmeal pada wadah dan susu bubuk secukupnya
2. Tambahkan air hangat dan aduk merata sampai seperti pasta
3. Setelah merata, kamu bisa menambahkan madu secukupnya dan aduk kembali
4. Aplikasikan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20-30 menit atau sampai kering
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lakukan secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapat wajah yang mulus bebas jerawat.

Trik merawat kulit acne prone agar wajah mulus dan bebas jerawat pakai tiga bahan dapur pun jadi perhatian warganet. Nggak salah, kalau video tersebut sudah ditonton hingga belasan kali dan mendapat ratusan likes.

@kenlezia Serius masker ini bagus bgt buat acne prone cobain deh! Nanti kalo nyoba dan bikin tiktok, tag aku ya #fyp #diymasker #maskerviraltiktok #maskeran Monkeys Spinning Monkeys - Kevin MacLeod & Kevin The Monkey

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES