Cukup pakai 5 bahan alami, begini cara membuat body lotion untuk kulit kering agar tak mengelupas

Cukup pakai 5 bahan alami, begini cara membuat body lotion untuk kulit kering agar tak mengelupas

Brilio.net - Ketika kulit tidak mendapatkan hidrasi dan kelembapan, masalah yang muncul adalah kulit jadi rentan kering, bersisik, dan mengelupas. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja, tapi paling umum terlihat pada tangan dan kaki. Siapa pun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan.

Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Faktor eksternal seperti udara kering atau dingin dan terlalu sering mencuci juga dapat menyebabkan kulit kering. Studi terbitan Dermatologic Therapy telah membuktikan penggunaan body lotion atau hand body dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit kering.

Body lotion mengandung humektan, yakni bahan aktif yang bekerja dengan menarik kandungan air di udara atau menarik air dari lapisan kulit paling dalam. Manfaat body lotion untuk melembapkan kulit kering bukan tanpa alasan. Pasalnya, perubahan cuaca yang tidak menentu, terutama bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah beriklim tropis, membuat kulit membutuhkan kelembapan lebih agar kulit tidak kering.

Di antara banyak produk body lotion di pasaran, terkadang kandungannya belum tentu cocok dengan jenis kulit setiap orang. Alternatifnya, ada cara membuat body lotion racikan yang bisa memadukan kandungan sesuai dengan selera. Bahkan bahan-bahan alami yang digunakan pun lebih aman untuk kulit. Sama halnya yang dibagikan oleh akun TikTok @suviastyles pada (13/11/2022) lalu.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES