Cegah jerawat meradang, begini cara membuat face mist untuk wajah breakout pakai 1 jenis daun

Cegah jerawat meradang, begini cara membuat face mist untuk wajah breakout pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Wajah breakout adalah kondisi kulit yang dialami ketika terdapat banyak jerawat muncul dan tampak memerah atau meradang. Munculnya jerawat akibat breakout umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja dan dewasa. Selain dipicu oleh efek penggunaan produk perawatan kulit yang kurang cocok dengan kondisi kulit, breakout juga bisa terjadi akibat perubahan hormon atau stres.

Kondisi tersebut merupakan hasil dari hormon dan kelebihan produksi minyak. Pada dasarnya, androgen atau hormon seks, seperti testosteron, memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Minyak tersebut kemudian bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang disebut C acnes. Pertumbuhan bakteri ini menyebabkan peradangan di dalam kulit, yang akhirnya membentuk komedo putih, jerawat kistik, atau jerawat buta.

Breakout juga dapat disebabkan oleh paparan bahan atau zat kimia tertentu. Namun, tidak semua orang mengalami breakout saat mencoba jenis kosmetik atau produk perawatan kulit. Munculnya reaksi tersebut biasanya tergantung pada jenis kulit. Orang yang memiliki tipe kulit sensitif akan lebih mudah mengalami breakout.

Meski tak mudah untuk mengatasi wajah breakout, namun bukan berarti permasalahan wajah ini tak bisa kamu rawat lho. Meskipun dalam kondisi berjerawat dan meradang, namun wajah breakout juga harus kamu rawat dengan produk skincare yang tepat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi peradangan yang terjadi semakin parah.

Mungkin kamu bisa melakukan konsultasi klinik kecantikan perihal masalah breakout di wajah, namun ternyata kamu juga bisa lho mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti unggahan yang dibagikan oleh akun TikTok @teamonmalaysia pada 13 Januari 2023.

Unggahan tersebut berisi cara membuat face mist untuk wajah breakout pakai 1 jenis daun. Daun yang digunakan adalah daun salam. Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan sunflower seed oil atau minyak biji bunga matahari.

"DIY Facemist untuk Breakout," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @teamonmalaysia, Jumat (14/7).

Cara membuat face mist untuk wajah breakout pakai 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun salam sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memperkuat rasa dan aroma masakan. Selain berguna untuk makanan, ternyata daun salam juga memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan lho. Seperti yang dilansir dari Stylecraze, daun salam kaya akan vitamin, mineral penting dan antioksidan yang baik untuk kulit. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun ini memiliki sifat antikanker, antibakteri, dan antiinflamasi.

(brl/jad)

tags

STORIES