Cegah iritasi dan hiperpigmentasi, begini trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur

Cegah iritasi dan hiperpigmentasi, begini trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur

Alhasil, kulit akan mengalami reaksi berupa kemerahan dan mengalami pembengkakan. Tingkat keparahan sunburn tergantung dari beberapa faktor, seperti intensitas cahaya ultraviolet, durasi terpapar sinar UV, dan jenis kulit kamu. Selanjutnya, kulit akan mulai melakukan regenerasi dan mengalami pengelupasan. Setelah itu, warna kulit akan terlihat tampak merah kehitaman dan pola yang berbeda.

Jika terpapar sinar matahari terus-menerus dan berulang, dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit, seperti kulit keriput, menghitam, muncul bintik-bintik gelap, hingga kanker kulit. Oleh karena itu, sunburn adalah kondisi yang tidak boleh disepelekan. Sunburn adalah kondisi kulit yang dapat sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa hari, tergantung tingkat keparahannya.

Nah, untuk meredakannya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami guna mendinginkan kondisi kulit yang terkena sunburn. Seperti video yang dibagikan akun TikTok @adanwaimo pada (30/7/2022) lalu. Dalam video tersebut pemilik akun membagikan trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur. Sayur yang dimaksud adalah wortel. Tak hanya itu, ia juga menggunakan bahan lain yaitu tepung jagung.

"Use this to clear sunburn and pigmentation (Gunakan ini untuk menghilangkan kulit terbakar dan pigmentasi)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @adanwaimo, Senin (19/6).

Trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Wortel merupapakan sayuran yang mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran wortel memiliki kandungan anti-oksidan serta betakaroten yang mampu diserap usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Selain mudah didapatkan dan harganya yang terjangkau, ternyata wortel juga memilki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit, lho. Makanan yang kaya akan beta karoten ini disebut memiliki kandungan penting lain yang dapat mengatasi beragam masalah kulit.

Beta-karoten yang ada pada wortel merupakan nutrisi yang baik untuk kulit yang nantinya akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Kandungan ini disebut efektif dalam memperbaiki jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap paparan sinar matahari. Selain melindungi, wortel juga dapat menyembuhkan kulit yang mengalami sunburn. Kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat didalamnya juga dapat menjaga kulit agar tetap cerah dan menghilangkan noda hitam pada kulit yang menyebabkan pigmentasi.

Begitupun dengan tepung jagung atau tepung maizena yang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi seperti pada bahan makanan pokok lainnya. Kandungan karbohidrat yang dipunyai tersebut dapat cepat dibuat menjadi glukosa dan mempunyai sedikit nutrisi yang harus dicerna. Meskipun dapat menambah cita rasa makanan, tetapi sebenarnya tidak banyak manfaat tepung maizena. Namun, bukan berarti tepung maizena tidak memiliki kegunaan apapun untuk diri kamu.

Tepung maizena terbuat dari bagian lapisan luar dari biji jagung dan melewati berbagai proses untuk bisa berbentuk seperti tepung. Sebenarnya, bagian dalam biji jagunglah yang mengandung paling banyak nutrsi. Oleh karenanya, tidak terlalu banyak nutrisi yang bisa didapatkan dari tepung maizena.

Walaupun begitu, namun tepung jagung bisa kamu manfaatkan untuk merawat kulitmu. Salah satu manfaatnya adalah membantu mengatasi sunburn pada kulitmu. Tepung maizena membantu melembutkan dan memberikan rasa nyaman pada kulit. Bahkan kamu dapat mengurangi iritasi pada kulitmu yang terbakar akibat sinar matahari, atau sunburn. Berikut cara memanfaatkannya.

Trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: TikTok/@adanwaimo

Bahan:

1. 1-2 Buah wortel.
2. 1/2 Sendok teh tepung jagung.

Cara membuat:

1. Kupas wortel dari kulitnya lalu cuci sampai bersih.
2. Parut wortel sampai halus lalu peras dan ambil sarinya.
3. Gunakan hanya 1 sendok makan sari wortel saja.
4. Tambahkan tepung jagung lalu aduk keduanya sampai tercampur merata.
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh.
6. Diamkan sampai kering lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap andalanmu.
8. Gunakan masker ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

Trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: TikTok/@adanwaimo

Video unggahan yang membagikan tentang trik mengatasi sunburn pada wajah pakai 1 jenis sayur ini viral. Sampai sekarang videonya sudah dilihat sebanyak 108,9 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 850 likes.

@adanwaimo Use this to clear sunburn and pigmentation. #diybeautytips #naturalbeautytips #beautyrecipes #adanwaimo #sunburnremedy #pigmentationremoval #naturalskincaretips Good On Me - Caitlin Quisenberry

(brl/far)

tags

STORIES