Cara meratakan warna kulit pakai masker dari 1 jenis buah, wajah jadi cerah dan segar

Cara meratakan warna kulit pakai masker dari 1 jenis buah, wajah jadi cerah dan segar

Brilio.net - Warna kulit wajah yang tidak merata atau belang biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari yang terlalu lama. Kondisi ini tentu dapat mengganggu penampilan. Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang memberikan dampak negatif pada kulit kamu. Itulah alasan kamu dianjurkan untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Saat terpapar sinar matahari, tubuh secara otomatis memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel yang terganggu oleh radiasi. Pigmen melanin ini yang mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Semakin sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, semakin banyak sel kulit yang terganggu, sehingga warna kulit semakin gelap.

Penyebab lain warna kulit tidak merata yaitu termasuk hiperpigmentasi pascainflamasi (misalnya, bekas jerawat dan bintik hitam yang tersisa setelah gigitan serangga atau luka bakar). Dan kondisi melasma, yang biasanya dipicu oleh perubahan hormonal (misalnya saat hamil).

Namun, kabar baiknya sekarang ini sudah ada banyak cara mengatasi warna kulit tidak merata. Mulai dari memakai produk skincare sampai perawatan khusus wajah di klinik kecantikan. Di samping melakukan perawatan kulit wajah tersebut, kamu juga perlu mengimbangi cara alami agar kembali merata dan bagian kulit yang menggelap jadi memudar dan cerah.

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @cuuucuuuu_ pada 29 Maret 2023 lalu. Dalam videonya tersebut ia memberikan cara meratakan warna kulit pakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah mentimun.

"Tutorial mencerahkan wajah secara alami," katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @cuuucuuuu_, Jumat (12/5).

Cara meratakan warna kulit pakai masker dari 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Mentimun merupakan buah yang sangat menyegarkan, terutama di musim panas. Tidak hanya lezat, mentimun juga memberikan manfaat pada kulit wajah. Mentimun memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang bisa dijadikan masker kulit wajah sebagai perawatan kecantikan. Bagian tengah mentimun mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik. Tak heran, jika mentimun sering kali diiris tipis dan ditempelkan ke wajah atau mata yang lelah.

Vitamin C adalah elemen penting dalam mentimun. Nutrisi ini membantu mencerahkan warna kulit dan mencerahkan semua pigmentasi kulitmu. Mentimun membantu melawan bintik-bintik gelap dan noda-noda pada area wajah. Sifat antiinflamasi dan antioksidan timun juga baik untuk kesehatan kulit. Bahkan, kandungannya yang 90% air membuatnya memiliki sifat menyegarkan bagi wajah yang iritasi dan kemerahan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES