Cara menghilangkan pigmentasi pada wajah ini hanya butuh 3 bahan dapur, bikin mulus dan awet muda

Cara menghilangkan pigmentasi pada wajah ini hanya butuh 3 bahan dapur, bikin mulus dan awet muda

Brilio.net - Pigmentasi kulit adalah hal umum yang terjadi. Pigmentasi kulit dapat mengalami gangguan apabila produksi melanin terjadi secara berlebihan (hiperpigmentasi), serta jika produksi melanin terlalu sedikit (hipopigmentasi). Pigmen kulit yang berperan memberi warna pada kulit, rambut, dan bola mata dikenal bernama melanin. Melanin dihasilkan oleh sel-sel melanosit.

Akan tetapi, sel-sel ini dapat mengalami kerusakan akibat faktor genetik, paparan sinar matahari terlalu lama atau berlebihan, efek samping pengobatan, hingga kondisi medis tertentu. Jika sel-sel melanosit mengalami kerusakan, maka terjadi kelainan pigmen kulit. Kondisi ini umumnya terbagi menjadi dua kondisi.

Bagi kamu yang memiliki kandungan melanin lebih rendah, maka kamu cenderung memiliki warna kulit yang lebih putih atau terang. Sementara itu, zat melanin yang lebih tinggi membuat kulit menjadi lebih gelap. Berdasarkan penyebabnya, pigmentasi kulit dibagi ke dalam pigmentasi ringan dan berat.

Pigmentasi berat contohnya seperti melasma, vitiligo, dan albinisme. Sedangkan, pigmentasi ringan biasa disebut sebagai hiperpigmentasi. Hal ini dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak pada kulit yang tampak lebih gelap daripada daerah di sekitarnya. Selain paparan sinar matahari, hiperpigmentasi juga bisa terbentuk karena beberapa penyakit seperti lupus, luka terbakar, dan jerawat.

Nah, jika kamu mengalami hal seperti demikian, tak perlu risau, pasalnya kamu bisa kok mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu ke salon kecantikan dan merogoh kocek dalam-dalam, bahan alami juga nggak kalah efektif untuk membantu mengatasi pigmentasi pada kulitmu.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @makeupbyparry pada 7 Januari 2021 lalu. Dalam video unggahan tersebut, sang pemilik akun membagikan cara menghilangkan pigmentasi pada wajah yang hanya butuh 3 bahan dapur. Bahan-bahan dapur yang digunakan adalah, tepung beras, yoghurt, dan sari kentang.

"Best DIY mask for pigmentation, dark spots & uplifting," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @makeupbyparry, Jumat (7/4).

Cara menghilangkan pigmentasi pada wajah hanya butuh 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung beras telah digunakan selama berabad-abad lamanya sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia. Tepung beras ternyata dikenal efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, serta melawan penuaan dini pada kulit wajah.

Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Sehingga, mampu mengurangi pigmentasi pada kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES