Trik meratakan warna kulit ini cuma butuh 4 bahan dapur, bikin wajah cerah dan kenyal

Trik meratakan warna kulit ini cuma butuh 4 bahan dapur, bikin wajah cerah dan kenyal

Brilio.net - Wajah yang terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata. Kondisi yang dikenal dengan kulit belang ini tentu dapat mengganggu penampilan. Berbagai faktor dapat menyebabkan kulit belang pada wajah, tangan, hingga kaki. Penyebab wajah belang dapat karena paparan sinar matahari secara berlebihan atau terlalu sering, usia, efek obat-obatan, hingga pengaruh hormon.

Kulit tubuh manusia sebenarnya punya kemampuan untuk melindungi tubuh dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Saat terpapar sinar matahari, tubuh secara otomatis memproduksi pigmen bernama melanin untuk memperbaiki dan melindungi sel-sel yang terganggu oleh radiasi.

Pigmen melanin ini yang mengubah warna kulit jadi lebih gelap. Semakin sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, semakin banyak sel kulit yang terganggu, sehingga warna kulit semakin gelap.

Selain polusi, faktor usia, bekas luka, hormon, paparan sinar matahari, bahkan infeksi jamur juga bisa membuat kulit menjadi belang. Itulah sebabnya, perlu melakukan cara untuk membuat warna wajah kembali merata.

Perawatan kulit merupakan hal yang penting yang harus dilakukan secara rutin. Sayangnya, kulit kusam dan warna yang tidak rata, bisa memengaruhi penampilan, sehingga tak jarang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan berbagai produk skincare yang dijual di pasaran. Selain itu, kamu juga bisa lho memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu. Bahkan bisa kamu temui di dapur. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @zaila.skin pada (27/11/2022) lalu.

Dalam video unggahan yang berdurasi 34 detik tersebut pemilik akun membagikan trik meratakan warna kulit yang cuma butuh 4 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah yoghurt, bubuk kunyit, aloe vera gel, dan madu.

"Natural brightening mask thats easy to make at home with just 4 ingredients you probably already have in your kitchen (Masker pencerah alami yang mudah dibuat di rumah hanya dengan 4 bahan yang mungkin sudah kamu miliki di dapur)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @zaila.skin, Rabu (29/3).

Salah satu manfaat yogurt adalah mencerahkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES