Cara membuat body wash untuk cerahkan kulit ini cuma pakai 1 jenis buah, bantu atasi kusam

Cara membuat body wash untuk cerahkan kulit ini cuma pakai 1 jenis buah, bantu atasi kusam

Brilio.net - Menjaga kesehatan dan kebersihan kulit merupakan salah satu rutinitas paling penting, karena berhubungan dengan kepercayaan diri dan penampilan. Jika tidak dirawat dengan baik, hasilnya kulit akan kusam dan tidak segar. Tapi bukan berarti kamu harus menggunakan sabun atau krim pemutih yang mengubah warna asli kulitmu secara drastis, kok.

Kamu hanya membutuhkan sabun mandi dengan kandungan baik yang bisa mencerahkan sesuai dengan warna asli kulit. Dengan sabun mandi yang tepat, kulit akan menjadi terawat, terlihat cerah, dan putih alami. Salah satu sabun mandi yang bisa kamu gunakan adalah body wash.

Body wash adalah sabun mandi cair yang tidak hanya membersihkan, tetapi juga bisa melembapkan kulit. Saat ini, sudah banyak body wash yang mengandung whitening, kolagen, antiacne, dan antibakteri. Namun sayangnya, body wash yang ada di pasaran rentan membuat kulit kering karena kandungan sodium lauryl sulfate (SLS) di dalamnya.

Kandungan ini bekerja sebagai surfaktan yang mampu membuat kotoran serta minyak terikat dan terangkat oleh air. Efeknya, membuat kulit bersih dan keset, tidak terasa licin atau berminyak. Namun, surfaktan bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Nah, solusinya kamu bisa membuat body wash sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami guna mencerahkan kulit.

Sepert yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @ninaslifestyyle. Melalui video unggahannya, pemilik akun membagikan cara membuat body wash untuk mencerahkan kulit cuma pakai 1 jenis buah.

Buah yang digunakan adalah stroberi. Tak hanya stroberi, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu, gula pasir, minyak zaitun, dan body wash atau body gel yang kamu punya.

"Make a strawberry body wash with me (Buat sabun mandi stroberi dengan saya)," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ninaslifestyyle, Jumat (31/3).

Cara membuat body wash untuk cerahkan kulit cuma pakai 1 jenis buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Buah stroberi mengandung vitamin C yang tinggi dan mangan yang baik. Selain itu, buah stroberi juga mengandung vitamin B9 atau folat dan kalium dalam jumlah yang memadai. Buah paling populer di keluarga beri ini kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman yang bermanfaat, seperti anthocyanin (pelargonidin), asam ellagic, ellagitannins, dan procyanidins.

Kandungan tinggi air, antioksidan, dan vitamin C pada stroberi bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang tinggi dapat mencegah kulit kering dan menjaga kelembapannya. Sementara kandungan tinggi antioksidan dan vitamin C pada stroberi bisa membantu mencegah penuaan dini, seperti kerutan dan keriput, sekaligus membuat kulit menjadi lebih cerah.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES