Bisa bikin awet muda tanpa perawatan mahal, ini 9 manfaat buah bit untuk kecantikan

Bisa bikin awet muda tanpa perawatan mahal, ini 9 manfaat buah bit untuk kecantikan

5. Mengatasi kulit kusam.

manfaat buah bit untuk kecantikan  2023 brilio.net

foto: freepik.com

Betalain adalah senyawa pigmen yang memberikan warna merah atau ungu pada buah bit dan juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan kulit tampak kusam. Betalain dalam buah bit dapat membantu mencerahkan wajah dengan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Hal ini dapat membantu menyuplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit, sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, betalain juga dapat membantu mengurangi produksi melanin pada kulit yang dapat membuat kulit terlihat kusam.

6. Menjaga kelembapan kulit.

manfaat buah bit untuk kecantikan  2023 brilio.net

foto: freepik.com

Buah bit dapat membantu melembapkan kulit karena kandungan air yang tinggi dan beberapa senyawa alami yang terdapat di dalamnya. Buah bit mengandung sekitar 88 persen air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan alami kulit. Selain itu, buah bit juga mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, seperti vitamin C dan betalain. Vitamin C dapat membantu memproduksi kolagen, protein yang menjaga kekencangan dan elastisitas kulit, serta membantu mengunci kelembapan dalam kulit. Sedangkan betalain dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit, sehingga nutrisi dan kelembapan dapat terserap dengan lebih baik.

Untuk mendapatkan manfaat melembapkan kulit dari buah bit, Anda dapat mengonsumsinya secara rutin dalam bentuk jus atau mengaplikasikannya langsung pada kulit sebagai masker wajah. Selain itu, penting juga untuk menjaga kelembapan kulit dari luar dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid, glycerin, atau aloe vera serta menghindari penggunaan produk yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering seperti sabun yang mengandung bahan kimia keras dan terlalu sering mencuci wajah.

7. Menjaga kesehatan rambut.

manfaat buah bit untuk kecantikan  2023 brilio.net

foto: freepik.com

Buah bit mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan rambut seperti, folat yang mampu membantu menjaga kesehatan sel dan menumbuhkan rambut yang sehat, vitamin C yang membantu menjaga kekuatan rambut dan mencegah kerusakan rambut, zat besi yang membantu mengurangi kerontokan dengan cara memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen ke folikel rambut dan kulit kepala, serta antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak rambut dan kulit kepala.

8. Mengatasi ketombe.

manfaat buah bit untuk kecantikan  2023 brilio.net

foto: freepik.com

Buah bit memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu merawat kulit kepala yang berketombe. Vitamin C memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu memperbaiki kesehatan kulit kepala dan mengurangi risiko terjadinya ketombe. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah bit dapat membantu melawan kerusakan sel dan menjaga keseimbangan nutrisi di dalam kulit kepala.

9. Meningkatkan produksi kolagen.

manfaat buah bit untuk kecantikan  2023 brilio.net

foto: freepik.com

Buah bit mengandung senyawa yang disebut betalain, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen adalah protein yang terdapat di dalam jaringan ikat, termasuk kulit. Kolagen berperan penting dalam menjaga kekencangan dan kelembapan kulit, sehingga kulit terlihat lebih muda dan sehat.

Betalain dalam buah bit membantu meningkatkan produksi kolagen dengan cara melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Paparan sinar UV dan radikal bebas dapat merusak kolagen yang ada di dalam kulit dan menghambat produksi kolagen baru. Dengan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, betalain dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit.

mgg/jessica

(brl/far)

tags

STORIES