Bikin wajah putih dan glowing, ini cara membuat masker untuk atasi kulit gelap pakai 2 bahan alami

Bikin wajah putih dan glowing, ini cara membuat masker untuk atasi kulit gelap pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Memiliki wajah yang kusam, gelap, dan belang tentu dapat mengganggu penampilan. Masalah kulit ini membuat penampilan menjadi tidak sehat bahkan terlihat lebih tua. Penyebab kulit kusam dan gelap yang paling umum yaitu paparan sinar matahari. Radiasi sinar UV dari matahari dapat dengan cepat membuat kulit wajah menjadi kusam, dimulai dengan kulit yang tampak kering dan dehidrasi lalu meningkat menjadi kusam.

Sel kulit mati yang menumpuk juga dapat menyebabkan kulit wajah kusam dan gelap. Pertambahan usia membuat proses pergantian dan peluruhan sel-sel kulit secara alami melambat, sehingga terjadi penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Pada dasarnya, sel kulit mati akan mengelupas secara alami setiap 28 hari kemudian beregenerasi menjadi sel-sel baru. Namun, terkadang sel kulit mati tidak dapat mengelupas secara alami dengan sendirinya. Sehingga, sel yang tersisa akan membuat kulit terasa kering dan tampak kusam.

Ada banyak cara untuk membuat wajah kembali bercahaya. Kamu bisa rutin melakukan eksfoliasi dan menggunakan skincare secara rutin untuk membuat wajah cerah. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan skincare dengan kandungan kimia di dalamnya justru membuat kulit jadi mudah iritasi.

Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu untuk membuat masker wajah. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @herfable.id pada 10 Juni 2022.

Cara membuat masker untuk atasi kulit gelap pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@herfable.id

"Cuma pakai bahan ini auto putih glowing," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @herfable.id, Selasa(28/2).

Melalui video unggahan yang berdurasi 58 detik tersebut pemilik akun membagikan cara membuat masker untuk atasi kulit gelap pakai 2 bahan alami. Bahan yang digunakan adalah tepung beras dan air mawar.

Tepung beras mengandung asam amino dan vitamin yang dapat meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Terdapat pula kandungan tirosinase yang ampuh mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit wajah. Tepung beras memiliki tekstur yang sedikit kasar, inilah asal muasal manfaat tepung beras untuk wajah yang ampuh mengangkat sel kulit mati sehingga mampu membuat wajah jadi cerah dan glowing. Tak hanya itu, manfaat tepung beras untuk wajah juga dapat berperan menyerap seluruh sebum pada kulit, dan membuat kulit lebih bersih.

Cara membuat masker untuk atasi kulit gelap pakai 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@herfable.id

Sedangkan, air mawar memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C membuat air mawar mampu meratakan, mengembalikan, dan mencerahkan warna kulit wajah. Adanya kandungan vitamin C dan antioksidan pada air mawar mampu menutrisi kulit sehingga kulit wajah lebih cerah. Selain itu, manfaat air mawar lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai exfoliating alami. Dengan rajin melakukan exfoliasi kulit wajah, maka kulit mati akan terangkat dan menjadikan warna kulit wajah merata dan lebih cerah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES