Bikin lembap dan merona, ini cara mencerahkan bibir gelap pakai lip oil dari 1 jenis bahan pemanis

Bikin lembap dan merona, ini cara mencerahkan bibir gelap pakai lip oil dari 1 jenis bahan pemanis

Brilio.net - Memiliki warna bibir gelap dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Tak sedikit juga yang mengeluhkan warna bibir gelap karena warna lipstik jadi susah untuk merata. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi alasannya, mulai dari sel-sel kulit mati yang menumpuk, genetik, hingga gaya hidup yang kurang sehat. Tanpa kamu sadari, bibir yang kering juga dapat membuat bibirmu tampak lebih gelap.

Perubahan warna bibir yang gelap atau menghitam sebenarnya terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu. Meski begitu, bibir gelap bukan masalah serius dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Masalah ini juga dapat diatasi dengan perawatan menggunakan berbagai produk lip care untuk membantu mencerahkan kembali warna bibir.

Salah satu produk lip care yang bisa digunakan adalah lip oil. Lip oil adalah skin care dengan konsistensi antara lip balm dan lip gloss. Secara khusus, lip oil diciptakan untuk melembapkan bibir. Menggunakan lip oil sebagai bagian dari rutinitas lip care kamu untuk membuat bibir lebih lembap dan meminimalisir timbulnya kulit mati pada permukaan bibir.

Teksturnya yang ringan meskipun terlihat glossy, tidak terasa lengket saat digunakan. Selain itu kandungan oil di dalamnya juga membuatnya lebih sehat dan menutrisi kulit bibir dengan baik. Nah, jika kelembapan bibirmu terjaga, otomatis warna alami bibirmu juga akan tampak merona.

Meskipun kamu bisa membeli lip oil di pasaran dengan berbagai klaim dan kandungan didalamnya, namun tak ada salahnya lho kamu membuat lip oil sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @leeleetetee pada 20 April 2020.

Dalam unggahannya ia memberikan cara mencerahkan bibir gelap pakai lip oil dari 1 jenis bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu. Tak hanya madu, karena pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu minyak kelapa dan esensial oil.

"Highly requested lip oil recipe. This is to use after the lip scrub to restore and protect new skin cells as well as keeping them hydrated (Resep lip oil yang paling banyak diminta. Ini digunakan setelah scrub bibir untuk memulihkan dan melindungi sel-sel kulit baru serta menjaganya agar tetap terhidrasi)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @leeleetetee, Selasa (30/5).

Cara mencerahkan bibir gelap pakai lip oil dari 1 jenis bahan pemanis Berbagai sumber

foto: freepik.com

Madu dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merawat bibir. Manfaat madu untuk bibir berasal sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan pada bibir yang kering, pecah-pecah, atau terluka.

Manfaat madu untuk bibir yang paling terkenal adalah sebagai pelembap alami. Madu mengandung glukosa dan fruktosa, yang dapat membantu menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit bibir. Madu juga mengandung asam amino dan vitamin yang dapat membantu memperbaiki kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.

Madu mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, mineral seperti zat besi dan seng, serta antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan bibir. Nutrisi tersebut dapat membantu memperkuat kulit bibir dan membuatnya merah merona secara alami.

Sedangkan, minyak kelapa, adalah salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Minyak kelapa mengandung rantai asam lemak yang dikenal dengan asam laurat. Kandungan zat tersebut dianggap dapat melembapkan permukaan kulit bibir.

Menjaga permukaan kulit bibir tetap sehat juga menjadi manfaat minyak kelapa untuk bibir lainnya. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa, yang juga dikenal sebagai tokoferol, serta antioksidan di dalamnya, dapat membantu menghaluskan kulit bibir, membuat warna bibir kembali cerah, dan menjaganya tetap sehat. Begitupun dengan esensial oil yang juga memiliki beragam kandungan vitamin serta lemak alami yang mampu menjaga kesehatan bibir.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES