7 Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap, pilih jenis matte

7 Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap, pilih jenis matte

Brilio.net - Merias wajah menjadi salah satu penunjang penampilan bagi wanita. Wanita tampak percaya diri dan terlihat menarik saat menggunakan makeup pada kegiatan hariannya. Salah satu bagian wajah yang kerap kali menjadi fokus utama adalah bibir. Biasanya para wanita menggunakan lipstik untuk memperindah dengan memberikan warna pada bibirnya.

Namun kecintaan wanita pada lipstik tak jarang harus terhalang banyak kendala. Selain masalah bibir kering dan pecah-pecah, sebagian wanita juga sering menghadapi masalah bibir yang tampak gelap. Tidak hanya membuat sapuan warna lipstik jadi tak maksimal, kondisi ini juga sering membuat kurang percaya diri.

Ada banyak penyebab kenapa bibir seseorang bisa menghitam. Bisa saja karena kebiasaan merokok, terlalu sering terpapar sinar matahari, salah mengenakan kosmetik, dan lainnya. Namun ada juga yang dikarenakan faktor genetik. Bibir gelap memang memiliki keterbatasan dalam pemilihan warna lipstik.

Tapi, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati penggunaan lipstik untuk bibir gelap. Mulai dari pemilihan jenis lipstik, warna, dan teknik pemakaiannya perlu kamu ketahui dulu agar bisa menutupi warna bibirmu yang gelap. Yuk, simak tujuh tipsnya di bawah ini, seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/11).

1. Gunakan lip balm untuk melembapkan bibir.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan lip balm. Hal ini dikarenakan formula lipstik pada umumnya sering kali membuat bibir mudah kering dan pecah-pacah. Kalau kondisi bibirmu sedang kering dan menggunakan lipstik, hasilnya sulit merata di seluruh bagian bibir sehingga warna asli bibir tidak tertutupi dengan baik. Kamu bisa menggunakan lip balm saat ingin mulai makeup, setelah lip balm mulai menyerap baru kamu bisa menggunakan lipstik favoritmu. Pilih formula lip balm yang ringan ya agar tidak terasa lengket atau tebal saat digunakan seharian.

2. Menggunakan concealer atau foundation.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Bibir gelap bukan berarti tidak bisa mengenakan lipstik warna nude atau terang. Ada cara yang bisa disiasati yaitu mengoleskan foundation atau concealer sebelum memakai lipstik. Saat memilih warna foundation atau concealer untuk dipakai di bibir, sebaiknya pilih warna yang benar-benar mirip dengan warna kulit kamu, ya. Kamu bisa mengoleskannya tipis dan secara merata setelah menggunakan pelembap seperti lip balm. Setelah itu, barulah menggunakan lipstik dengan warna yang diinginkan. Dengan begitu, warna lipstik bisa menutupi warna bibir yang gelap dengan sempurna.

3. Pilihlah lipstik yang berjenis matte.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Para pemilik bibir yang gelap, harus hati-hati dalam memilih jenis lipstik. Hindari memakai sheer lipstik, karena lipstik jenis ini mudah pudar. Selain itu warnanya tidak dapat menutupi bibir yang berwarna gelap kehitaman. Lipstik yang sempurna untuk kamu yang memiliki bibir gelap adalah lipstik berjenis matte. Karena lipstik jenis ini memiliki warna yang pekat, dan juga tahan lama.

4. Pilih warna lipstik yang sanggup menutupi pigmen bibir yang berwarna gelap.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Kalau kamu malas memakai foundation atau concealer pada bibir, maka pilihlah warna-warna lipstik yang mampu menutupi warna bibir yang gelap. Misalnya saja warna orange, merah atau burgundy. Tapi, jika ingin supaya warna bibirmu terlihat lebih natural, jangan lupa untuk mengoleskan foundation atau concealer. Lalu oleskan lipstik dengan warna-warna hangat, misalnya saja warna cokelat.

Selain itu, bisa juga memilih warna merah tua untuk pilihan acara resmi atau malam hari. Sedangkan lipstik berwarna mauve akan cocok dikenakan dengan segala warna kulit wajah. Warna seperti coral, orange, dan fuschia akan cocok untuk kamu yang sedang ingin memilih warna cerah. Yang terakhir adalah lipstik berwarna burgundy untuk kesan yang bold dan tegas.

5. Gunakan lip liner.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Selain menjaga sapuan lipstik agar tetap rapi dan bentuknya tampak sempurna, lip liner juga bisa kamu gunakan untuk menutupi bagian bibir yang warnanya lebih gelap. Dengan menggunakan lip liner terlebih dulu, lipstik yang akan diaplikasikan sesudahnya pun bisa lebih tahan lama dan menutupi bibir dengan lebih sempurna. Untuk mendapatkan garis yang presisi di bagian tengah bibir, coba bentuk pola X pada bagian bibir atas, tepat di bawah cupid's bow.

6. Aplikasikan lipstik hingga 2 kali pada bibir.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Supaya warna lipstik terlihat sempurna maka pakailah lipstik sebanyak dua kali. Dengan begitu warna gelap pada bibir akan sepenuhnya tersamarkan. Cara ini meningkatkan kesempurnaan warna lipstik. Cara mengaplikasikannya adalah dengan oleskan secara merata. Diamkan sampai kering dan barulah mengoleskan lagi untuk yang kedua kalinya.

7. Aplikasikan lipstik dengan kuas agar warnanya tampak merata.

Tips gunakan lipstik untuk tutupi bibir gelap freepik.com

foto: freepik.com

Langkah terakhir agar sapuan warnanya terlihat merata, sebaiknya manfaatkan lip brush sebagai aplikator. Helaian kuasnya bisa memudahkan kamu untuk benar-benar mendapatkan pulasan warna yang rata. Akan lebih baik lagi jika memilih lipstik cair atau cream karena sudah dilengkapi dengan brush. Dengan begitu, kamu tak perlu insecure lagi dengan bibir gelapmu. Karena kamu bisa menggunakan lipstik tanpa khawatir dengan bibir gelapmu yang bikin tak percaya diri.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES