Baunya sering bikin tak nyaman, ternyata ini kandungan pepaya yang ampuh atasi jerawat

Baunya sering bikin tak nyaman, ternyata ini kandungan pepaya yang ampuh atasi jerawat

Brilio.net - Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Namun sayangnya, tidak semua orang menyukai buah yang satu ini. Hal ini lantaran buah pepaya yang memiliki bau atau aroma yang membuat kita tidak nyaman. Walaupun begitu, buah pepaya ini memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit kamu lho.

Dilansir briliobeauty.net dari idiva.com pada, Selasa (24/1) buah pepaya ini memiliki beberapa kandungan yang bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit pada wajah, seperti halnya jerawat. Nah, kandungan pepaya yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Mengandung antioksidan.

Kandungan pertama yang ada pada pepaya yaitu antioksidan yang berasal dari lycopene yang bisa membantu meredakan peradangan pada kulit karena paparan sinar matahari. Tidak hanya itu, adanya kandungan tersebut bisa lho membantu mengatasi wajah berjerawat dan merawat kulit iritasi.

2. Vitamin C.

Tidak hanya itu, kandungan pepaya berikutnya adalah vitamin C. Kandungan ini bisa membantu mencerahkan dan menjaga kulit tetap kencang.

3. Vitamin A.

Sementara itu, pepaya ini memiliki kandungan berupa vitamin A. Kandungan ini bisa meredakan iritasi karena paparan sinar matahari. Bahkan bisa lho merawat kulit berjerawat.

4. Enzim papain.

Kandungan dari buah pepaya tidak hanya itu saja, terdapat kandungan lainnya, seperti enzim papain. Enzim yang satu ini merupakan pemecah protein. Nah, adanya enzim ini membuat buah pepaya bisa digunakan sebagai eksfoliator kimia. Nah, cara kerjanya yaitu dengan mengelupaskan kulit mati yang kasar. Maka dari itu, pepaya ini bisa membuat kulit menjadi lebih cerah, mengatasi flek hitam, dan meratakan warna kulit.

Itulah kandungan dari pepaya dibalik baunya yang membuat tidak nyaman. Walaupun pepaya memiliki bau yang tak sedap, ada lho yang menjadikan pepaya untuk perawatan wajah, seperti masker. Nah, cara membuat masker dari pepaya ini pun cukup mudah. Kamu bisa mengikuti cara yang dibagikan oleh seorang YouTuber bernama Ranisusan.

kandungan pepaya yang ampuh atasi permasalahan kulit Berbagai sumber

foto: YouTube/Ranisusan Channel

Cara pertama yang digunakan oleh Rani yaitu siapkan satu buah pepaya yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian haluskan pepaya tersebut dengan menggunakan karpu.

Jika sudah, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan madu pada pepaya tersebut. Kemudian aduk kombinasi bahan tersebut hingga rata. Selanjutnya, aplikasikan masker dari buah pepaya tersebut pada seluruh wajah menggunakan brush.

kandungan pepaya yang ampuh atasi permasalahan kulit Berbagai sumber

foto: YouTube/Ranisusan Channel

Langkah berikutnya yaitu diamkan masker tersebut kurang lebih 15 menit hingga kering. Hal ini dilakukan agar semua kandungan pada bahan pepaya bisa menyerap dengan sempurna. Setelah itu, bilas masker tersebut hingga bersih.

Itulah kandungan dari pepaya yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan perawatan menggunakan buah-buahan yang satu ini. Tidak hanya itu, unggahan mengenai cara membuat masker dari pepaya ini pun mendapatkan berbagai komentar dari warganet.

"Pepaya..mudah di dapat dan simple sekali bikinnya kk,jd pengen coba.Maksih tutornya KK.." tulis akun @Akeyla Aurel.

"Masker Dari buah pepaya...sumber kecantikan alami ya k. Semangat Dan sehat selalu," komentar akun @DoNNa MaRia AnaNda.

"Pas bgt nih dirumah lagi ada pepaya, dibuat masker gini Sabi kali ya,, thanks resepnya diy lainnya," tulis akun @Ernawati ofc.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES