Antikusam, begini cara membuat krim vitamin C untuk atasi hiperpigmentasi pakai 1 jenis kulit buah

Antikusam, begini cara membuat krim vitamin C untuk atasi hiperpigmentasi pakai 1 jenis kulit buah

Brilio.net - Kulit wajah yang kusam bisa menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Wajah kusam dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari perubahan hormon, faktor cuaca, hingga penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat. Selain itu, kulit wajah yang terlihat kusam juga dapat disebabkan oleh kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga.

Wajah kusam tentu dapat mengganggu penampilan. Akibatnya, kulit kamu jadi tampak lelah, tidak bercahaya, dan terlihat lebih tua. Namun, kamu tak perlu khawatir. Sebab, ada berbagai cara mencerahkan wajah kusam yang dapat dilakukan untuk membuat warna kulit menjadi tampak segar dan bercahaya kembali. Salah satunya adalah dengan menggunakan krim dengan kandungan vitamin C.

Vitamin pada skincare berguna untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C yang membantu pembentukan kolagen atau vitamin D sebagai pelindung radikal bebas. Vitamin C mampu menghambat pembentukan melanin. Ini merupakan pigmen yang memberi warna gelap pada kulit, rambut, dan mata. Orang dengan warna kulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak pada kulitnya.

Melanin sebenarnya berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Namun, peningkatan produksi melanin di kulit wajah justru dapat menyebabkan hiperpigmentasi berupa bintik-bintik hitam dan warna kulit tidak merata. Mengoleskan krim dengan kandungan vitamin C dapat membantu memudarkan bintik hitam pada kulit wajah, sehingga wajah tampak lebih cerah.

Meski sudah banyak produk krim vitamin C yang dijual di pasaran, mungkin bagi sebagian orang, kandungan kimia dalam produk tersebut tidak cocok untuk kulitnya. Sehingga, justru menimbulkan permasalahan baru pada wajah. Nah, sebagai solusinya kamu bisa lho membuat krim vitamin C sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @beautyhacks7777 pada 19 Januari 2023. Melalui video unggahan tersebut pemilik akun membagikan cara membuat krim vitamin C untuk atasi hiperpigmentasi pakai 1 jenis kulit buah. Kulit buah yang digunakan adalah jeruk. Selain kulit jeruk, pemilik akun juga menambahkan bahan-bahan lain, di antaranya adalah air mawar, gliserin, vitamin E, dan aloe vera gel.

"Skin Brightening Glow and Wrinkle Vitamin C Cream (Krim vitamin C untuk mencerahkan wajah dan kerutan)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautyhacks7777, Selasa (28/3).

Cara membuat krim vitamin C atasi hiperpigmentasi pakai 1 jenis kulit buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Ternyata kulit jeruk menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit agar sehat dan bercahaya. Kulit jeruk mengandung vitamin B dan C yang menjadi kunci antipenuaan. Manfaat kulit jeruk untuk kecantikan juga bisa membantu kamu untuk memutihkan kulit. Kulit jeruk berfungsi sebagai pemutih alami dan dapat membantu menghilangkan noda gelap seiring waktu.

Sementara itu, air mawar bisa membantu membuat kulit wajah lebih cerah, terlebih pada area sekitar mata. Kandungan air mawar yang telah melalui proses pengolahan hingga menjadi minyak atsiri juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Kedua sifat tersebut sangat efektif mengatasi kulit kering, kusam, dan mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Gliserin juga merupakan salah satu bahan yang mampu menyeimbangkan kadar air agar kulit tetap terhidrasi. Cara kerja gliserin adalah dengan menarik air di sekitar kulit dan mengumpulkannya. Pada kulit yang kering, kulit biasanya terlihat kusam, retak, atau pecah-pecah. Kamu mungkin dapat melihat serpihan kulit mati yang tertinggal.

Nah, sebagai humektan, gliserin bisa mempercepat pengelupasan sel-sel kulit mati atau deskuamasi. Gliserin membantu memecah protein yang menyatukan sel-sel kulit. Dengan membantu proses pengelupasan sel kulit, gliserin membersihkan kulit dari sisa sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan masalah kulit baru.

Vitamin E juga akan membantu mengurangi pigmen berlebih tersebut sehingga noda hitam dapat memudar. Manfaat vitamin E untuk wajah ini dapat maksimal jika dipasangkan dengan vitamin C.

Sedangkan, aloe vera gel memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang dapat menyeimbangkan kulit menjadi lebih cerah dan menurunkan produksi pigmentasi. Manfaat yang tak kalah penting ialah lidah buaya dapat menjadi pengelupas alami untuk membersihkan kulit mati yang berlebih penyebab kulit kusam.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES