Bikin halus dan mulus kembali, ini trik pudarkan selulit dan stretch mark pakai 4 bahan dapur

Bikin halus dan mulus kembali, ini trik pudarkan selulit dan stretch mark pakai 4 bahan dapur

Brilio.net - Kondisi kulit yang kerap kali menurunkan kepercayaan diri adalah selulit dan stretch mark. Selulit adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kondisi kulit yang menyerupai kulit jeruk karena adanya timbunan lemak. Selulit terjadi akibat sel lemak terjebak di antara jaringan fibrosis sehingga menyebabkan sel lemak terus bertambah. Alhasil, seluruh limfe kulit terganggu, semakin membesar dan membuat kulit jadi tidak beraturan.

Selulit biasanya muncul di daerah paha, pantat, daerah sekitar ketiak, dan perut. Kaum wanita dilaporkan cenderung lebih mungkin dan lebih banyak memiliki selulit dibanding pria. Hal itu dipengaruhi oleh perbedaan distribusi jaringan lemak, otot, dan ikat pada tubuh wanita dengan tubuh pria.

Sedangkan stretch mark adalah timbulnya guratan-guratan merah seperti nadi dengan panjang beberapa milimeter sampai puluhan sentimeter. Stretch mark timbul karena saat terjadi peregangan kulit secara berlebihan. Tapi stretch mark juga bisa terjadi akibat mengonsumsi obat-obatan dengan kadar streoid yang tinggi, kekurangan nutrisi, kehamilan, dan karena kegemukan.

Kebanyakan orang menganggap stretch mark dan selulit itu sama, tapi ternyata berbeda. Perbedaannya, stretch mark merupakan guratan pada kulit yang disebabkan karena kulit yang meregang berlebihan. Sedangkan selulit adalah terjadinya penumpukan lemak pada kulit.

Terlepas dari hal itu, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan selulit dan stretch mark. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun perawatan tertentu. Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @beautyhacks7777.

Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan trik memudarkan selulit dan stretch mark pakai empat bahan dapur. Pemilik akun menggunakan kopi bubuk, brown sugar atau gula merah, minyak kelapa, dan bubuk kayu manis.

"DIY Cellulite Stretch Marks Coffee Body scrub," tulis pemilik akun dalam video unggahan seperti dikutip briliobeauty.net, Senin (20/3).

Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya dapat menyamarkan lesung kulit pada selulit. Kulit juga mungkin akan terlihat kencang karena kafein berperan dalam meningkatkan aliran darah. Scrub kopi banyak digunakan untuk membantu menyamarkan selulit dan stretch mark. Scrub kopi ini bertindak sebagai pengelupasan alami, sehingga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES