7 Teknik eksfoliasi untuk kulit berminyak yang benar, lakukan secara rutin

7 Teknik eksfoliasi untuk kulit berminyak yang benar, lakukan secara rutin

1. Lakukan chemical exfoliate

Teknik eksfoliasi kulit Istimewa

foto: freepik.com

Pada kulit berminyak, cenderung memiliki pori-pori yang besar, maka kulit juga rentan berjerawat, sehingga disarankan memakai teknik chemical exfoliate yang memiliki kandungan aktif, seperti alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) yang mampu melakukan proses eksfoliasi hingga lapisan kulit yang terdalam. AHA BHA terbukti dapat membantu membersihkan pori-pori kulit hingga lapisan terdalam, mengontrol produksi sebum berlebih hingga mengurangi komedo pada kulit yang memicu tumbuhnya jerawat. Tetapi, penggunaan AHA BHA juga perlu diperhatikan, penggunaan berlebihan bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

2. Physical exfoliate dengan bahan alami

Teknik eksfoliasi kulit Istimewa

foto: freepik.com

Physical exfoliate pada kulit berminyak disarankan memakai scrub dengan bahan alami seperti, gula pasir, madu, minyak kelapa, kopi, dan oatmeal. Eksfoliasi menggunakan bahan alami dilakukan 2 sampai 3 kali setiap minggunya. Hindari melakukan physical exfoliate saat keadaan kulit sedang mengalami peradangan, tumbuh banyak jerawat, dan sedang ada luka terbuka.

3. Lakukan eksfoliasi dengan lembut

Teknik eksfoliasi kulit Istimewa

foto: freepik.com

Lakukan eksfoliasi dengan perlahan dan secara hati-hati karena menyentuh permukaan kulit dengan kasar bisa membuat skinbarrier kita rusak, dan bisa menyebabkan iritasi hingga permasalahan kulit yang lain. Oleskan produk eksfoliasi pada permukaan kulit wajah secara merata dan lakukan secara perlahan gerakan memutar agar sel kulit mati pada wajah terangkat. Jika menggunakan chemical exfoliate, oleskan secara merata pada kulit wajah, agar produk berkerja dengan baik.

4. Bilas wajah dengan air hangat

Teknik eksfoliasi kulit Istimewa

foto:freepik.com

Jarang disadari oleh banyak orang, membilas wajah dengan air yang bersuhu hangat sebenarnya beberapa manfaat bagi kesehatan kulit, tetapi tetap sesuai pada kebutuhan. Membilas wajah dengan air hangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah, menenangkan kulit, membuka pori-pori di wajah sehingga membantu penyerapan skincare, membantu meredakan jerawat, serta meningkatkan produksi elastin dan kolagen yang merupakan protein penting dalam tubuh yang mempunyai fungsi untuk menjaga elastisitas pada kulit sehingga kulit tetap kencang, dan lembap.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES