7 Teknik eksfoliasi untuk kulit berminyak yang benar, lakukan secara rutin

7 Teknik eksfoliasi untuk kulit berminyak yang benar, lakukan secara rutin

Brilio.net - Eksfoliasi wajah merupakan tindakan yang dilakukan untuk mengikis sel kulit mati pada permukaan kulit wajah yang biasa dilakukan menggunakan scrub, serat microfiber, serat yang halus, gula atau garam, dan spons. Tindakan ini disebut juga eksfoliasi fisik.

Sedangkan, eksfoliasi juga bisa dilakukan dengan bahan yang bersifat asam seperti AHA, BHA, lactic acid, citrus acid dan yang lainnya. Tindakan ini menyebabkan pengelupasan pada permukaan kulit wajah. Eksfoliasi mampu mempercepat siklus pergantian sel-sel kulit mati serta sumbatan pada pori-pori. Sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menumpuk dan menimbulkan kerusakan pada kulit wajah.

Eksfoliasi kulit dapat membantu proses mencerahkan kulit, dan memperbaiki warna dan tekstur kulit. Eksfoliasi bisa dilakukan semua orang dengan semua tipe kulit yang dimilikinya, namun tentu harus sesuai kondisi dan kebutuhan kulit masing-masing. Eksfoliasi yang berlebihan justru bisa menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

Tidak disarankan untuk over-exfoliate pada kulit berminyak karena akan membuat produksi minyak semakin banyak. Pilihlah produk yang sesuai dengan tipe kulit kita, kulit berminyak disarankan untuk memilih produk eksfoliasi yang memiliki kadar asam salisilat lebih besar. Hindari produk yang mengandung retinoid, retinol, atau benzoyl peroxide yang mengurangi kelembapan pada kulit wajah dan bisa menyebabkan kulit berjerawat.

Eksfoliasi harus dilakukan dengan cara yang tepat, terlebih pada kulit berminyak, agar tetap menjaga kelembapan pada kulit wajah, sehingga tidak membuat kulit dehidrasi bahkan iritasi karena frekuensi eksfoliasi lebih tinggi dibanding tipe kulit yang lainnya. Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk eksfoliasi pada kulit berminyak. Berikut 7 teknik eksfoliasi pada kulit berminyak yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/2).

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES