7 Cara pakai body scrub agar lebih efektif, aplikasikan dengan gerakan memutar

7 Cara pakai body scrub agar lebih efektif, aplikasikan dengan gerakan memutar

Brilio.net - Memiliki kulit bersih dan bercahaya merupakan dambaan setiap wanita, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan kondisi kulit tersebut. Salah satunya dengan menggunakan produk-produk pemutih badan yang dianggap mampu membuat kulit bersih dan bercahaya. Produk yang bisa kamu gunakan adalah body scrub.

Body scrub adalah salah satu produk perawatan kulit yang tak kalah penting karena fungsinya mengangkat sisa kotoran, debu, dan minyak pada pori-pori. Selain itu, body scrub juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit, yaitu membantu mencerahkan sekaligus melembapkan, namun juga mencegahnya menjadi kering. Cara pemakaiannya pun sebaiknya dilakukan dengan benar guna memperoleh manfaat yang diinginkan.

Menggunakan body scrub sebelum atau sesudah mandi, memang tidak ada aturan khusus, namun dianjurkan memakainya ketika setelah badan dibersihkan dengan sabun. Ada penjelasan tertentu, yakni supaya manfaatnya dapat lebih dirasakan. Menggunakannya pun sebaiknya dilakukan secara rutin agar didapatkan kulit cerah, merona, juga terlihat sehat.

Jika kamu sudah mengetahui manfaat memakai body scrub untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu, kamu juga wajib mengetahui cara memakai body scrub yang tepat agar lebih efektif. Seperti yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/12).

1. Mandi dengan menggunakan air hangat.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Menggunakan body scrub sebelum atau sesudah mandi, sebenarnya tidak ada aturan khusus dan boleh saja dilakukan pada salah satu waktu tersebut. Namun, sangat dianjurkan untuk menggunakannya setelah mandi dengan sabun dan air hangat. Artinya, sebaiknya kulit harus dalam keadaan bersih terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya.

Mandi air hangat dapat membantu membuka pori-pori kulit sehingga proses eksfoliasi kulit dapat berjalan maksimal. Mandi menggunakan air hangat dan sabun sekaligus membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar tidak mandi air hangat dalam waktu yang lama karena bisa membuat kulit menjadi kering.

2. Pilih body scrub yang aman.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat body scrub memang berlimpah untuk kulit. Selain mencerahkan dan menyehatkan kulit, produk perawatan ini bisa menghaluskan dan melembapkan kulit, lho.

Walau begitu, kamu harus benar-benar memperhatikan pemilihan body scrub yang aman untuk jenis kulit kamu. Untuk dapat menemukan produk body scrub yang sesuai dengan jenis kulitmu, kamu harus benar-benar tahu karakter kulitmu sendiri. Apakah kulitmu termasuk sensitif, berminyak, atau kering?

Selanjutnya, kamu juga harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam body scrub. Jika belum menemukan body scrub yang cocok, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti kopi, madu, gula dan bahkan teh hijau. Menurut sejumlah penelitian, kandungan pada kopi dapat membantu memudarkan selulit. Adapun madu berfungsi sebagai zat antibakteri. Kemudian, teh hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kulit.

3. Pastikan tangan dalam kondisi bersih.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Setelah tubuh sudah dibersihkan, cara menggunakan body scrub yang paling penting adalah memastikan tangan dalam kondisi bersih. Pasalnya, manfaat body scrub akan berjalan maksimal apabila kamu menggunakan tangan saat proses pengaplikasiannya. Hal ini karena kotoran tidak ikut menempel pada kulit yang hendak diaplikasikan scrub badan. Maka dari itu, sebaiknya cuci pakai sabun terlebih dahulu dan bukan dengan air saja.

4. Aplikasikan body scrub.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Selain membuat kulit tampak mulus dan sehat, penggunaan body scrub dapat membantu penyerapan kandungan skincare. Setelah mandi dengan air hangat, kamu bisa mengusapkan body scrub ke seluruh tubuh.

Untuk body scrub yang menggunakan kemasan tube, kamu bisa langsung menuangnya ke tangan. Namun, untuk body scrub yang dikemas dalam kemasan jar berukuran besar, ada baiknya menggunakan spatula. Teknik ini bertujuan untuk menjaga body scrub agar tetap higienis. Apalagi, body scrub kemasan besar akan terpakai dalam jangka panjang.

Mulailah mengoleskan body scrub dari bagian kaki terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke area seluruh tubuh, termasuk lengan, dada, leher, dan punggung. Hindari menggunakan body scrub pada wajah karena produk ini diformulasikan khusus untuk kulit tubuh. Adapun scrub untuk wajah atau face scrub umumnya memiliki butiran yang lebih halus karena kulit wajah lebih sensitif.

5. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Cara memakai body scrub yang jarang dilakukan adalah mengoleskan sambil sedikit memijat. Lakukan pijatan lembut selama kurang lebih satu menit. Tidak hanya membuat body scrub lebih meresap, hal ini juga bermanfaat untuk merilekskan otot tubuh yang tegang.

Oleskan body scrub dengan gerakan memutar dari atas ke bawah, ya. Sebaiknya hindari area kulit sensitif, terdapat luka terbuka, maupun area yang baru dilakukan waxing atau baru cukur supaya tidak semakin memperparah kondisinya.

Lakukan pijatan lembut selama kurang lebih 5 menit, kemudian gosok secara perlahan sampai kotoran terangkat dan rontok. Melakukan kedua hal ini ampuh membuat scrub lebih meresap, serta relaksasi ketegangan otot tubuh. Selain itu, jangan langsung membilasnya supaya memberi waktu lulur mandi untuk meresap ke kulit selama 10 menit.

6. Bilas hingga bersih.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Setelah menggunakan body scrub dengan benar, kamu perlu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya bilas tubuh memakai air dingin hingga tidak ada sisa body scrub yang menempel pada kulit. Kemudian keringkan memakai handuk bersih secara perlahan. Jangan lupa untuk memilih handuk yang berbahan lembut.

7. Oleskan pelembap.

Cara pakai body scrub agar lebih efektif freepik.com

foto: freepik.com

Biasanya setelah menggunakan body scrub, kelembapan kulit akan hilang. Oleh karenanya, penting untuk memakai pelembap tubuh setelah selesai body scrub dibilas. Pastikan jika pelembap ini sudah sesuai dengan jenis kulitmu. Disarankan agar penggunaan pelembap tubuh dilakukan sesegera mungkin, yakni selambatnya 5 menit setelah mandi.

Hal ini bertujuan agar kulit tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Sebaiknya, jangan menggunakan krim pelembap untuk wajah pada kulit tubuh, ya. Sebab, kandungan pelembap wajah cenderung lebih ringan dibandingkan produk pelembap untuk tubuh.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES