7 Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif, riasan flawless tanpa iritasi

7 Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif, riasan flawless tanpa iritasi

Brilio.net - Perawatan kulit sensitif sedikit lebih rumit dibandingkan jenis kulit lainnya. Perlu memilih produk skincare yang ramah untuk kulit sensitif. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan makeup dengan benar guna mencegah iritasi atau beruntusan.

Memilih dan menggunakan makeup yang tepat bertujuan untuk meminimalkan reaksi pada kulit sensitif. Baik itu kondisi kulit gatal, kemerahan, berjerawat, bruntusan, hingga iritasi. Lantas apa yang harus dilakukan?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya ketahui dulu apa saja ciri-ciri kulit sensitif. Di antaranya, yaitu timbul kemerahan, terjadi perubahan warna, muncul jerawat, hingga ruam.

Beberapa orang mungkin akan menyamarkannya dengan menggunakan makeup. Cara ini salah karena bisa memperburuk kondisi kulit kamu.

Nah, agar makeup lebih tahan lama dan kulit tetap terasa nyaman saat memakai makeup, berikut beberapa tips yang briliobeauty.net lansir dari berbagai sumber, Minggu (11/12).

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum merias wajah bagi pemilik kulit sensitif adalah membersihkan kulit. Hal ini untuk memastikan tidak ada benda lain yang menempel di kulit kamu seperti debu dan kotoran yang bisa bertumpuk dengan produk makeup untuk kulit sensitif.

Gunakan facial wash yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbanngan pH kulit, menjaga kelembapan, serta mencegah iritasi.

Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan wajah agar terhidrasi sebelum menggunakan makeup. Bukan hanya menggunakan pelembap wajah yang tepat untuk kulitmu, kamu juga perlu menenangkan wajah dengan menggunakan kompres wajah ataupun steam face selama 15 menit sebelum menggunakan makeup. Hal ini dilakukan agar membuat wajah lebih tenang sehingga menghindari iritasi saat menggunakan makeup.

2. Ketahui jenis kulit sensitif kamu.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Ada orang yang kulitnya sensitif terhadap sentuhan, ada juga yang sensitif terhadap kandungan tertentu. Nah, sebelum memutuskan untuk membeli produk makeup, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis kulit sensitif apa yang dialami.

Untuk mengetahuinya, kamu harus lebih peka saat menggunakan makeup. Bagi yang sensitif terhadap sentuhan, kamu sebaiknya menghindari pengaplikasian makeup menggunakan jari dan pilihlah aplikator kuas dengan bulu sintetis.

Sementara itu, bagi kamu yang sensitif terhadap kandungan tertentu, mungkin lebih sulit untuk mendeteksinya, karena butuh proses trial and error atau melalui skin patch test untuk mengetahui kandungan apa saja sebaiknya dihindari. Agar lebih mudah, pastikan produk yang digunakan memiliki klaim sebagai hypoallergenic makeup.

3. Lakukan skin patch test.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Melakukan skin patch test sebelum menggunakan makeup bertujuan untuk mengecek ada tidaknya reaksi alergi, iritasi, dan tingkat comedogenic pada kulit sensitif. Untuk mengecek reaksi alergi, lakukan patch test pada belakang telinga. Sementara itu, mengecek reaksi iritasi dengan melakukan patch test di bagian kulit yang paling sensitif.

Terakhir, lakukan patch test pada area kulit yang sering berkomedo dan beruntusan untuk mengetahui tingkat comedogenic. Durasi melakukan skin patch test berbeda-beda setiap orangnya, tergantung dari sensitivitas kulit. Umumnya, skin patch test dilakukan minimal dalam waktu 24 jam hingga satu minggu.

4. Hindari bahan makeup yang mengiritasi.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Bahan-bahan tertentu dalam produk kosmetik dapat menyebabkan dermatitis kontak. Bahan-bahan ini termasuk solvent, rubbing alcohol, formaldehyde, sabun, dan aditif pewarna. Adapun dermatitis kontak akibat paparan bahan-bahan tersebut dapat muncul sebagai iritasi ringan, ruam merah, gatal, dan bahkan lepuh yang menyakitkan. Jika kamu mengalami gejala-gejala demikian, segera hentikan pemakaian produk dan hubungi dokter kulit apabila gejala berlanjut.

Pemiliki kulit sensitif juga harus berhati-hati saat memilih makeup yang tepat. Walaupun kamu menggunakan makeup dengan label natural ataupun organik, kamu juga masih perlu mengecek kandungan dalam makeup tersebut. Apakah makeup tersebut menggunakan parfum ataupun ada bahan yang membuat kulit kamu alergi.

5. Gunakan produk makeup yang padat.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Para pemilik kulit sensitif patut mempertimbangkan untuk membeli produk makeup berbentuk padat alih-alih cair. Misalnya, stick atau powder foundation daripada liquid foundation. Dibandingkan liquid foundation, stick atau powder foundation memiliki kadar air yang lebih sedikit untuk menampung bakteri serta kandungan pengawetnya pun cenderung minim.

Selain itu, usahakan untuk menggunakan produk seperti foundation atau BB krim sesedikit mungkin yang kamu bisa. Sebab, dengan mengaplikasikan produk seminimal mungkin, hal ini bisa membantu kamu dalam terpapar sesedikit mungkin penyebab iritasi.

Usahakan juga gunakan produk yang diformulasikan secara khusus untuk kulit sensitif. Sebab, produk yang dikembangkan untuk kulit sensitif lebih mungkin untuk melakukan proses penyaringan bahan untuk menyingkirkan kemungkinan iritasi.

6. Pilih base makeup lightweight.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Menurut para profesional, produk makeup yang sangat berpigmen memiliki peluang lebih tinggi untuk membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu, cobalah beralih ke produk makeup khususnya base makeup yang ringan seperti BB cream daripada foundation terutama untuk penggunaan sehari-hari. Ini karena BB cream mengandung lebih sedikit pigmen sehingga cenderung tidak mengeringkan kulit.

Penggunaan bedak yang berlebihan juga berisiko mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi, sehingga gunakan secukupnya saja. Jika kamu memiliki kulit sensitif dan tidak bisa lepas dari penggunaan bedak, pastikan untuk menepuk-nepuk kelebihan bedak pada brush atau spons sebelum mengaplikasikannya pada wajah guna memastikan kamu menggunakan bedak secara minimal.

7. Jaga kebersihan alat makeup.

Tips makeup bagi pemilik kulit sensitif freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu hal terpenting agar wajah tak teriritasi, sebaiknya kamu menjaga kebersihan alat makeup yang kamu pakai. Idealnya, kamu harus membersihkan alat makeup seperti brush dan spons seminggu sekali guna mencegah reaksi pada kulit sensitif kamu.

Selain itu, selalu ingat untuk menggunakan alat makeup selembut mungkin tanpa menggosoknya terlalu keras pada kulit. Pasalnya, hal tersebut bisa menyebabkan iritasi dan peradangan kulit lebih lanjut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES