Trik mengatasi rambut kusam dan ketombe pakai campuran dari 2 bahan alami, bikin lebih berkilau

Trik mengatasi rambut kusam dan ketombe pakai campuran dari 2 bahan alami, bikin lebih berkilau

Brilio.net - Rambut sehat adalah rambut yang bebas rontok, ketombe, dan berkilau secara alami. Karenanya, rambut yang terlihat kusam, kasar, atau bahkan bercabang biasanya menandakan kesehatan rambut tidak maksimal. Rambut kusam terjadi akibat kurangnya kelembapan. Karena kekurangan air dan minyak alami, kilau rambut pun hilang. Rambut juga rentan patah, kasar, dan bercabang.

Kondisi rambut kusam juga bisa diperparah dengan munculnya ketombe. Ketombe adalah kondisi kulit kepala yang ditandai dengan munculnya serpihan kulit, yang disertai rasa gatal. Ini adalah masalah yang sangat umum terjadi pada orang dari berbagai kalangan usia.

Berbagai faktor meningkatkan risiko munculnya ketombe, termasuk usia seseorang, cuaca, tingkat stres, kondisi medis, dan pilihan produk rambut. Ketombe bisa muncul kalau kamu kurang memerhatikan kebersihan rambut.

Nah, untuk mengatasi dua permasalahan rambut tersebut, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu. Bahan-bahan tersebut bisa kamu gunakan untuk mencuci rambut yang kusam dan berketombe. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @danielleathena pada (19/11/2022) lalu.

Dalam video unggahan, pemilik akun membagikan trik mengatasi rambut kusam dan ketombe pakai campuran cuka apel dan lemon.

"DIY HAIR RINSE Apple Cider Vinegar & Lemon Juice (DIY PEMBILAS RAMBUT Cuka Sari Apel & Jus Lemon)," tulis pemilik akun dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @danielleathena, Sabtu (1/4).

Trik mengatasi rambut kusam dan ketombe pakai campuran dari 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Cuka apel mengandung asam asetat dalam jumlah yang cukup baik. Dengan kandungan ini, rambut yang terlihat kusam, rapuh, atau kaku membantu menurunkan pH dan mengembalikan kesehatan rambut. Rambut dengan kondisi kusam, rapuh, atau kaku cenderung lebih basa atau memiliki skala pH yang cukup tinggi.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES