7 Perawatan kulit kepala ini bantu hilangkan ketombe dengan mudah dan cepat

7 Perawatan kulit kepala ini bantu hilangkan ketombe dengan mudah dan cepat

Brilio.net - Ketombe merupakan kondisi di mana kulit kepala mengalami pengelupasan berupa serpihan yang disertai rasa gatal. Biasanya serpihan ketombe memiliki warna putih atau kekuningan yang berbeda pada setiap orang. Hal ini merupakan permasalahan umum yang di derita baik pria ataupun wanita. Ketombe juga dialami banyak orang dari berbagai kalangan usia. Ketombe memang tidak menular, namun hal ini dapat mengurangi rasa percaya diri.

Munculnya ketombe di kulit kepala disebabkan oleh berbagai faktor seperti jamur di kulit kepala. Jamur yang muncul di kulit kepala disebut Malassezia sp, jamur ini menyebabkan asam lemak menumpuk hingga menimbulkan peradangan yang menghasilkan ketombe.

Stress juga dapat menimbulkan ketombe pada kulit kepala, karena stress yang dialami seseorang dapat mempengaruhi kesehatan secara menyeluruh. Oleh karena itu penting untuk mengendalikan diri agar terhindar dari stress.

Selain itu kulit kepala yang jarang dibersihkan juga meningkatkan risiko munculnya ketombe. Kotoran, debu dan sel kulit mati akan menumpuk dan menimbulkan ketombe. Apabila kulit kepala gatal akibat ketombe, lebih baik jangan menggaruknya. Karena kulit kepala yang digaruk bisa jadi iritasi yang memperparah kondisi kulit kepala.

Tapi jangan khawatir karena ada berbagai cara untuk merawat kulit kepala agar terbebas dari ketombe. Berikut 7 perawatan kulit kepala untuk membantu menghilangkan ketombe dengan mudah seperti dirangkum briliobeauty.net dari berbagai sumber, Rabu (15/2).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES