Bikin rambut bersih dan antigatal, begini trik melakukan eksfoliasi ketombe pakai 3 bahan dapur

Bikin rambut bersih dan antigatal, begini trik melakukan eksfoliasi ketombe pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Ketombe adalah masalah pada rambut dan kulit kepala yang dapat mengganggu penampilan. Penyebab ketombe sangat beragam, mulai dari faktor usia sampai stres. Ketombe adalah suatu kondisi kulit yang ditandai dengan pengelupasan kulit pada kulit kepala. Gejala ketombe yang mudah dikenali adalah adanya serpihan kulit kepala yang menyebar di rambut hingga sampai berjatuhan ke area bahu. Biasanya, ketombe juga disertai dengan rasa gatal pada kulit kepala.

Meski tidak menular, kehadiran ketombe bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Kondisi ini pun sebenarnya tidak membahayakan kesehatan. Namun, keberadaannya dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.

Pada kasus yang parah, ketombe dapat menyebabkan kerontokan rambut bila tidak segera diobati. Perlu diingat bahwa kondisi ini tidak berhubungan dengan cara merawat rambut. Namun, jumlah serpihan kulit mati dapat dikurangi dengan rutin keramas.

Untungnya sekarang banyak merek sampo antiketombe di pasaran yang bisa didapatkan dengan mudah. Jenisnya pun beragam, mulai dari shampo medicated hingga sampo khusus untuk hijab. Nah, cek rekomendasi di bawah ini untuk mendapatkan sampo antiketombe dengan mudah di marketplace.

Bagi penderita ketombe, penggunaan sampo antiketombe sangat disarankan. Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit kepala. Eksfoliasi adalah sebuah cara untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Walau tubuh juga memiliki cara kerjanya sendiri dengan sistem regenerasi kulit, perawatan eksfoliasi dapat memperlancar jalannya proses tersebut. Tak terkecuali pada kulit kepala.

Eksfoliasi pada kulit kepala juga memberikan manfaat serupa yang dirasakan oleh kulit di bagian tubuh lain, seperti menjaga agar kulit kepala tetap bersih dan melancarkan sirkulasi darah yang dapat memperbaiki pertumbuhan rambut. Perawatan ini tentu akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki masalah ketombe, kulit kepala kering, dan kulit kepala berminyak.

Sama halnya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @vnskbeauty. Dalam video unggahannya tersebut, pemilik akun memberikan trik melakukan eksfoliasi ketombe pakai tiga bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah kopi bubuk, gula pasir, dan hair oil (minyak zaitun atau minyak kelapa).

"DIY 3 ingredient scalp exfoliant! (Eksfoliasi kulit kepala 3 bahan!)," tulisnya sebagai keterangan video seperti dikutip briliobeauty.net, Kamis (23/3).

Manfaat kopi untuk rambut salah satunya membuatnya menjadi lembut, halus, dan berkilau, serta mudah diatur. Manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu bisa mencegah rontok, beruban, dan ketombe.

Bubuk kopi juga membantu menghilangkan ketombe akibat kulit kepala yang berminyak. Cara kerjanya sama seperti scrub pada kulit wajah, bubuk kopi yang diaplikasikan merata ke kulit kepala mampu mengangkat ketombe dan menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES