Trik bikin rambut halus bak dismoothing ini cuma butuh 1 bahan dapur, bebas kusut seharian

Trik bikin rambut halus bak dismoothing ini cuma butuh 1 bahan dapur, bebas kusut seharian

Dalam video unggahan yang berdurasi 21 detik tersebut pemilik akun membagikan trik bikin rambut halus bak di-smoothing cuma butuh 1 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah tepung jagung atau tepung maizena.

Trik bikin rambut halus bak dismoothing cuma butuh 1 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tepung jagung biasanya sebagai bahan baku pembuatan roti ataupun kue ini memang nikmat. Walaupun terdengar aneh, tapi nyatanya tepung jagung bisa dijadikan masker rambut yang buat rambut halus dan lembut seperti dari salon, lho. Tepung jagung ternyata bisa menyerap minyak, sehingga rambut nggak gampang lepek. Selain itu, tepung jagung juga berfungsi untuk melembutkan dan menghaluskan rambut. Bahkan, penggunaan tepung jagung di kulit kepala bisa juga mengatasi masalah ketombe.

Tepung jagung atau maizena memiliki berbagai kandungan bermanfaat, termasuk vitamin A, B, C, dan E serta berbagai mineral seperti seng, magnesium, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Vitamin dan mineral ini yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat untuk jangka waktu yang panjang.

Selain tepung jagung, pemilik akun juga menambahkan hair oil dalam masker buatannya. Hair oil adalah minyak khusus rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, melembutkan, dan memberi kilau pada rambut. Hair oil yang kaya akan asam lemak (fatty acids) dan vitamin E dapat menghasilkan lapisan pelindung yang akan melindungi helaian rambutmu agar tidak kehilangan kelembapan alami. Lapisan pelindung ini bahkan dapat mencegah udara lembap dari luar memasuki batang rambut sehingga mencegah rambut kusut.

Setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahannya, kamu bisa menyimak cara pembuatan masker rambut untuk menghaluskan rambut bak di-smoothing dibawah ini.

Bahan:

1. Tepung jagung atau maizena.
2. Hair oil.
3. Air.

Trik bikin rambut halus bak dismoothing cuma butuh 1 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@_mariamrh

Cara membuat:

1. Masukkan 1 cup air pada panci dan tambahkan 1 sendok makan tepung jagung atau maizena.
2. Aduk sampai tepung jagung larut, kemudian nyalakan api.
3. Tunggu sampai tepung jagung menggumpal dan berbentuk seperti pasta.
4. Setelah berubah seperti pasta, dinginkan dan tambahkan hair oil secukupnya.
5. Aduk kembali sampai kedua bahan tercampur merata.
6. Aplikasikan pada rambut secara merata dan diamkan selama 20-30 menit.
7. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan menggunakan sampo serta kondisioner.
8. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Trik bikin rambut halus bak dismoothing cuma butuh 1 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@_mariamrh

Video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @_mariamrh tersebut langsung viral dan mendapatkan banyak respon. Hingga artikel ditulis, videonya sudah ditonton sebanyak 618,3 ribu kali dan menuai lebih dari 300 komentar.

@_mariamrh Cornflour / Cornstarch Hair Mask! For healthy and natural glow that lasts for several days! #hairmask #hairmaskhomemade #hairmaskdiy #glowyhair ... is sweaty - Kellan

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES