Tanpa semir di salon, ini cara menghitamkan uban secara alami cuma pakai 2 bahan dapur

Tanpa semir di salon, ini cara menghitamkan uban secara alami cuma pakai 2 bahan dapur

Brilio.net - Salah satu tanda penuaan yang cukup mengganggu penampilan adalah tumbuhnya uban. Uban memang menjadi salah satu tanda penuaan yang menandakan jika seseorang mulai memasuki usia senja. Pasalnya, seiring bertambahnya usia seseorang, produksi komponen melanin pada folikel rambut juga akan mengalami penurunan.

Menurunnya kadar melanin tersebut akan membuat rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang utuh. Nah, helaian rambut yang tidak mendapatkan pigmen ini lah yang akan menjadi berwarna putih keabu-abuan. Tak heran, jika semakin bertambahnya usia seseorang maka rambut yang memutih juga akan semakin banyak.

Tapi ternyata uban juga bisa tumbuh lebih cepat, bahkan bisa dialami oleh seseorang yang masih tergolong muda atau remaja. Bukan tanpa alasan, kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, perubahan hormonal, efek stres, terlalu sering melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan semir kimia, penggunaan haircare yang tidak cocok atau terlalu keras, hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Kondisi rambut putih yang tumbuh lebih cepat tersebut disebut uban prematur. Selain dapat menurunkan kepercayaan diri, adanya uban di kepala juga dapat mengganggu kenyamanan. Pasalnya, tak jarang helaian rambut uban juga dapat menimbulkan rasa gatal. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk menghitamkan uban. Mulai dari melakukan semir di salon hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

(brl/mal)

tags

STORIES