Nggak cuma pakai kopi, ini cara atasi tampilan uban agar lebih gelap dengan tambahan 2 bahan dapur

Nggak cuma pakai kopi, ini cara atasi tampilan uban agar lebih gelap dengan tambahan 2 bahan dapur

Brilio.net - Tak cuma munculnya kulit keriput dan mengendur saja, seseorang yang sudah memasuki usia lanjut juga ditandai dengan munculnya uban di kepala. Semakin bertambahnya usia, rambut akan kehilangan melanin atau pigmen alami rambut yang membuat helaian rambut tidak mendapatkan pigmen yang sempurna. Kurangnya pigmen rambut inilah yang membuat uban menjadi berwarna putih keabu-abuan.

Tak hanya karena faktor penuaan saja, uban ternyata juga bisa tumbuh lebih cepat. Remaja dan orang yang masih muda juga bisa mengalami rambut beruban. Kondisi ini disebut dengan uban prematur.

Uban yang tumbuh lebih cepat ini disebabkan karena beberapa faktor, seperti genetik, perubahan hormonal, penggunaan alat styling (pemanas) yang terlalu sering, mewarnai rambut dengan pewarna kimia, penggunaan haircare yang tidak cocok, serta gaya hidup yang tidak sehat.

Adanya uban di rambut memang cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Tak heran banyak orang yang mencari cara untuk menyamarkan tampilan uban di kepalanya.

Salah satunya adalah dengan melakukan semir rambut baik melakukannya sendiri atau di salon kecantikan. Namun, sayangnya tak semua orang bisa melakukan semir di salon kecantikan karena harganya yang cukup menguras kantong.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu mengatasi tampilan uban agar lebih gelap. Seperti yang dibagikan oleh akun TikTok @natural_beauty078 pada 19 Februari 2024, yang berisi tentang cara atasi tampilan uban agar lebih gelap dengan kopi dan tambahan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah minyak zaitun dan tomat.

"Black Hair Naturally permanently in 4 minutes, Gray hair dye with Tomato (Rambut Hitam Alami Secara Alami Permanen dalam 4 Menit, Warnai Rambut Uban dengan Tomat)," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @natural_beauty078, Rabu (17/4).

Atasi tampilan uban agar lebih gelap  Berbagai sumber

foto: TikTok/@natural_beauty078

Manfaat kopi untuk menyamarkan tampilan uban

Kopi menjadi salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mewarnai rambut beruban atau menggelapkan warna rambut secara alami. Ini berkat kandungan kafein di dalamnya.

Melansir Healthline, kandungan kafein tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan rambut, di antaranya mengembalikan pertumbuhan rambut, melembutkan rambut, memberi kilau, hingga secara natural dapat mengurangi tampilan uban. Kopi juga berwarna cokelat kehitaman, sehingga bisa bertindak sebagai noda pada rambut dan membuat uban jadi lebih gelap serta tersamarkan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES