Tak perlu ke salon, begini cara atasi kusam pada rambut keriting pakai serum dari 5 bahan alami

Tak perlu ke salon, begini cara atasi kusam pada rambut keriting pakai serum dari 5 bahan alami

Brilio.net - Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda-beda, ada yang rambut lurus, rambut keriting, rambut ikal, dan rambut bergelombang. Semua jenis rambut ini harus dirawat dengan benar, agar tidak kusut, kusam, hingga mengalami kerontokan. Ada sebagian orang yang mengalami perubahan tekstur rambut, yang awalnya berambut lurus kemudian berubah menjadi rambut keriting. Perubahan tekstur ini sangat wajar dialami oleh para remaja yang mengalami pubertas.

Rambut keriting adalah rambut yang indah dan unik. Tetapi, jika rambut keriting tidak dirawat dengan benar, maka rambut keriting sangat mudah kering, kusut dan bercabang. Jika rambut keriting terlalu kering dan kurang kelembapan, maka rambut akan kehilangan kilaunya dan berubah menjadi kusam.

Untuk mengembalikan kesehatan dan kilaunya, kebanyakan orang akan pergi ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan rambutnya. Namun hal itu pasti akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, sebagai solusinya, kamu bisa lho mengatasi kusam pada rambut keritingmu dengan menggunakan hair serum racikan sendiri.

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @edesfonnt pada 2 April 2022 lalu. Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan cara atasi kusam pada rambut keriting pakai serum dari 5 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah tucuma butter, kokum butter, ucuuba butter, grapeseed oil, dan broccoli seed oil.

"Silicone-free Broccoli and Tucuma High Gloss Serum," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @edesfonnt, Selasa (28/3).

Tucuma butter merupakan butter atau mentega yang berasal dari biji palem. Tucuma butter memiliki kandungan polifenol antioksidan yang dapat melindungi rambut dari kerusakan. Beberapa ahli menilai bahwa tucuma butter penuh dengan polifenol antioksidan yang mampu melawan radikal bebas.

Cara atasi kusam pada rambut keriting pakai serum dari 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tucuma butter berfungsi sebagai pelembap yang dapat memberikan kelembapan yang luar biasa untuk rambut dan kulit kepala. Kandungan dalam tucuma butter mudah diserap hingga ke lapisan kulit yang lebih dalam dan tidak menyumbat pori-pori atau memberatkan rambut. Selain itu, kandungan dalam tucuma butter juga dapat membantuk lapisan yang melindungi kulit kepala dan batang rambut dari dehidrasi. Sehingga, mampu mengembalikan kilau alami pada rambut.

Sedangkan, kokum butter merupakan minyak mentega alami yang juga dapat digunakan untuk meningkatkan kadar air di hampir semua bagian tubuh, termasuk kulit, bibir, kaki, kulit kepala, dan rambut. Begitupun dengan ucuuba butter adalah bahan yang kaya akan asam laurat, miristat, dan palmitat, sehingga mentega ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Sementara itu, grapeseed oil atau minyak biji anggur tergolong salah satu minyak yang ringan dan sangat lembap sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit kepala dan rambutmu. Formula yang ringan membuatnya bisa diaplikasikan tanpa memberatkan rambut dan membuat rambut terlihat berminyak.

Begitupun dengan broccoli seed oil atau minyak biji brokoli memiliki kandungan essential fatty acids yang separuhnya terdiri dari erucid acid. Erucid acid sendiri adalah omega-9 fatty acid yang akan membantu mengembalikan kilau alami rambut, selayaknya hasil yang diberikan oleh produk rambut berkandungan silikon.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES