Nggak perlu tambahan jintan, ini cara hitamkan uban tanpa semir cuma pakai 3 bahan dapur

Nggak perlu tambahan jintan, ini cara hitamkan uban tanpa semir cuma pakai 3 bahan dapur

Brilio.net - Ketika seseorang sudah memasuki usia senja, biasanya akan mengalami berbagai tanda penuaan. Seperti kulit yang mengendur, munculnya keriput, hingga yang paling jelas adalah munculnya uban. Bukan tanpa alasan, ini terjadi karena produksi melanin sebagai pigmen pemberi warna alami rambut mulai mengalami penurunan.

Penurunan produksi melanin ini akan membuat helaian rambut yang tumbuh tidak mendapatkan pigmen yang sempurna, sehingga akan berwarna putih keabu-abuan yang disebut dengan uban.

Faktor genetik dan kurangnya asupan vitamin dan nutrisi seperti B-6, B-12 serta E juga dapat mempercepat munculnya uban. Seseorang juga bisa beruban karena efek penggunaan produk perawatan rambut yang kurang cocok, penyakit autoimun, gangguan kelenjar tiroid, stres yang berlebihan, dan kebiasaan merokok.

Karena beberapa faktor tersebut banyak orang yang mulai beruban ketika mereka masih berusia muda. Kondisi ini biasanya disebut dengan uban prematur. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang merasa tidak percaya diri karena kemunculan uban. Sehingga, mereka mencari berbagai cara untuk menghitamkan rambut yang beruban.

Mulai dari menyemir rambutnya menjadi hitam, mewarnai rambut dengan berbagai warna favorit, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Nggak perlu pakai jintan, karena pemilik akun TikTok @healthytips4youeveryday pada 8 Oktober 2023, justru menggunakan 3 bahan dapur lainnya untuk menghitamkan rambut beruban tanpa semir. Bahan dapur yang digunakan adalah cengkeh, kulit bawang merah, dan teh hitam.

"NATURAL RECIPE TO ELIMINATE GRAY HAIR (RESEP ALAMI MENGHILANGKAN RAMBUT UBAN)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @healthytips4youeveryday, Selasa (23/4).

3 Bahan dapur hitamkan uban tanpa semir Berbagai sumber

foto: freepik.com



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES