Nggak perlu beli produk mahal, begini cara atasi rontok pakai hair oil dari 1 jenis daun

Nggak perlu beli produk mahal, begini cara atasi rontok pakai hair oil dari 1 jenis daun

Brilio.net - Perlu diketahui, seiring bertambahnya usia manusia mengalami penuaan yang dimulai saat usia 35 sampai 40 tahun. Proses penuaan ini tidak terjadi pada kulit saja, tapi juga pada kulit kepala dan rambut. Tidak hanya berupa munculnya uban, proses penuaan juga ditandai dengan kerontokan.

Pada proses ini, jumlah folikel rambut berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Rambut yang tumbuh pun tidak memiliki diameter setebal sebelumnya. Oleh karena itu, seiring bertambahnya usia, bukan hanya terlihat memudar warnanya menjadi lebih putih, kepadatan rambut juga berkurang karena diameternya menjadi lebih halus.

Masalah kerontokan rambut kerap disepelekan karena dinilai merupakan hal yang wajar terjadi dan dialami banyak orang. Padahal, jika terjadi secara terus menerus, permasalahan rambut rontok ternyata patut diwaspadai. Sebab, hal ini bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius dalam tubuh. Bahkan, bila dibiarkan dan tak segera ditangani, masalah rambut rontok berkepanjangan juga bisa menyebabkan kebotakan.

Sementara itu, rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Selain itu, pola makan yang tidak sehat, seperti kurang protein dan zat besi, juga dapat mengurangi kesuburan akar rambut, sehingga menimbulkan kerontokan.

Oleh karena itu, kamu perlu nutrisi yang tepat untuk mengembalikan kesehatan rambut. Kamu bisa menggunakan berbagai produk hair care yang dijual di pasaran dengan berbagai kandungan dan klaimnya. Tapi jika produk ini dianggap relatif mahal, kamu bisa kok melakukan perawatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih ramah di kantong, bahan alami juga tak kalah efektif lho.

Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @nithi09091989 pada 20 Juli 2022 lalu. Melalui unggahannya tersebut, ia memberikan cara atasi rontok pakai hair oil dari daun kari. Selain daun kari, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu biji fenugreek dan minyak kelapa.

"Homemade hair oil (Minyak rambut buatan sendiri)," tulisnya dalam video, seperti yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @nithi09091989, Rabu (17/5).

Cara atasi rontok pakai hair oil dari 1 jenis daun Berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun kari dikenal karena aroma dan rasanya yang bisa menambah kelezatan makanan. Tetapi hanya sedikit orang tahu bahwa daun kari memiliki manfaat luar biasa untuk kulit dan rambut. Kandungan protein dan beta karoten pada daun kari diyakini bisa membuat rambut lebih sehat. Pasalnya, kedua zat ini mampu membantu mengatasi rambut rontok dan penipisan rambut. Selain itu, daun kari juga berpotensi menghilangkan sel kulit mati pada lapisan kepala. Manfaat ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan di dalamnya yang menyehatkan sel kulit.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES