Mudah dilakukan, ini 7 cara membuat masker pisang untuk atasi rambut berketombe

Mudah dilakukan, ini 7 cara membuat masker pisang untuk atasi rambut berketombe

Brilio.net - Tahukah kamu bahwa buah pisang nggak hanya bisa dikonsumsi saja, lho. Namun buah yang berwarna kuning ini juga memiliki kegunaan untuk kecantikan. Salah satunya adalah digunakan untuk merawat rambut.

Bukan tanpa sebab, buah ini memang memiliki nutrisi yang bisa menjaga kesehatan rambut, meningkatkan kekuatan dan elastisitas. Tidak hanya itu, pisang ini memberikan sejumlah manfaat lain bagi rambut, antara lain:

- Melembapkan rambut

Pisang mengandung banyak air dan vitamin B6 yang dapat membantu melembapkan rambut yang kering dan rusak. Kandungan air dalam pisang dapat menambah kelembapan pada rambut, sehingga membuatnya lebih lembut dan mudah diatur. Sementara itu, vitamin B6 dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala untuk mengurangi risiko kulit kepala yang kering.

- Menguatkan rambut

Pisang juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rambut. Kandungan vitamin A dalam pisang dapat membantu memproduksi sebum, yaitu minyak alami pada kulit kepala yang dapat menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Sementara itu, kandungan potasium dalam pisang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, sehingga membantu memperkuat akar rambut.

- Mencegah kerusakan rambut

Pisang mengandung banyak vitamin C dan E yang merupakan antioksidan alami yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Kandungan asam askorbat dalam pisang dapat membantu menghilangkan radikal bebas pada rambut, sehingga membantu mencegah kerusakan pada sel rambut.

Nah, itulah manfaat buah pisang untuk perawatan rambut, terutama bagi pemilik rambut berketombe. Sementara itu, untuk mendapatkan manfaat dari buah ini kamu bisa menggunakannya sebagai shampo, kondisioner, scrub, dan masker.

Cara membuat masker dari buah pisang ini bisa kamu kombinasikan dengan bahan alami lainnya. Tidak hanya itu, cara membuat masker rambut dari pisang pun mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Lantas bagaimana caranya? Yuk, simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/2).

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES