Kembali lebat, begini cara perawatan kebotakan rambut pascastress hanya pakai 2 bahan alami

Kembali lebat, begini cara perawatan kebotakan rambut pascastress hanya pakai 2 bahan alami

Brilio.net - Rutinitas atau kegiatan sehari-hari, seperti halnya belajar ataupun bekerja seringkali membuat seseorang merasa stress karena beban pikiran yang mereka tanggung. Tak jarang kondisi stress ini menimbulkan berbagai dampak bagi orang tersebut, salah satunya adalah kebotakan atau kerontokan rambut. Sudah pasti, kondisi rambut botak ini membuat mereka tidak percaya diri. Hal ini lantaran, kebotakan dapat mengganggu penampilan mereka.

Stres adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh seseorang merespons terhadap situasi atau peristiwa yang dianggap sebagai ancaman atau tekanan. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Kortisol dapat menyebabkan rambut kepala menjadi tipis, bahkan rontok.

Ada beberapa jenis kebotakan pada rambut yang disebabkan oleh stres. Salah satunya adalah alopecia areata, suatu kondisi dimana rambut pada kepala rontok secara tiba-tiba dan membentuk bercak-bercak botak. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang mengalami stres kronis atau peristiwa traumatis.

Selain itu, stres juga dapat menyebabkan telogen effluvium, suatu kondisi dimana rambut yang seharusnya tumbuh terus-menerus, berhenti tumbuh dan rontok secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang mengalami stres akut atau peristiwa traumatis yang berlangsung dalam waktu yang singkat.

Untuk menghindari kebotakan pada rambut yang disebabkan oleh stres, seseorang harus mengurangi stres dalam kehidupannya. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur, meditasi, tidur yang cukup, dan menjalani gaya hidup sehat.

Sementara itu, jika kondisi kebotakan ini sudah terjadi, kamu bisa merawat rambut dengan menggunakan dua bahan alami. Nah, perawatan rambut yang satu ini kamu bisa mensontek cara yang dibagikan oleh Alicia Ellena di channel YouTubenya.

Bahan makanan yang digunakan oleh Alica ini cukup mudah untuk kamu dapatkan yaitu lidah buaya dan daun seledri. Bahan makanan tersebut tidak perlu kamu ragukan lagi. Pasalnya, seledri ini memiliki sejumlah manfaat bagi rambut, seperti meningkatkan pertumbuhan rambut, mencegah kerontokan, menjaga kesehatan kulit kepala, dan menyehatkan akar rambut.

Sementara itu, manfaat lidah buaya sendiri yaitu membantu mengatasi kerontokan, mengatasi ketombe, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

cara perawatan kebotakan rambut pasca stress berbagai sumber

foto: YouTube/ Alicia Ellena

Itulah manfaat seledri dan lidah buaya untuk rambut yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara perawatan kebotakan rambut pasca stress?

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES