Hanya pakai 4 bahan dapur, ini trik membuat keratin hair mask agar rambut lebat dan berkilau

Hanya pakai 4 bahan dapur, ini trik membuat keratin hair mask agar rambut lebat dan berkilau

Brilio.net - Masker rambut merupakan produk perawatan rambut yang tepat untuk mengatasi rambut rusak. Rambut rusak dapat teratasi salah satunya adalah dengan penggunaan masker keratin secara rutin.

Sesuai dengan namanya, masker keratin adalah masker rambut yang diperkaya dengan keratin yang dibutuhkan oleh rambut. Keratin merupakan protein alami yang berfungsi untuk membentuk jaringan rambut, kuku, dan lapisan luar kulit. Protein ini juga dapat ditemukan di berbagai organ dan kelenjar tubuh.

Keratin kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk memperkuat dan menjaga keindahan rambut. Oleh karena itu, banyak produk kecantikan yang menambahkan bahan keratin karena diklaim dapat membuat rambut terlihat lebih sehat, lebat dan berkilau.

Namun, usia dan gaya hidup tidak sehat dapat menyebabkan produksi keratin rambut menurun. Akibatnya, rambut jadi rusak, kusam, dan sulit diatur. Itulah sebabnya banyak orang mencoba melakukan perawatan keratin rambut. Walau keratin dapat terbentuk secara alami, namun kamu bisa memberikan perawatan ekstra dengan masker rambut keratin. Bahkan kamu bisa mendapatkan efek keratin rambut hanya dengan bahan-bahan yang ada di dapurmu.

Seperti dibagikan pemilik akun TikTok @khadijasajid121 pada (7/2) lalu. Dalam unggahannya tersebut pemilik akun memberikan trik membuat keratin hair mask agar rambut lebat dan berkilau pakai 4 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan yaitu beras, biji fenugreek, santan kelapa, dan aloe vera gel.

"homemade hair karatain mask...," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @khadijasajid121, Sabtu (29/4).

Beras merupakan salah satu bahan makanan yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, melainkan juga memiliki beragam manfaat untuk kulit dan rambut. Kandungan inositol dan asam amino pada air beras memberikan lapisan tambahan pada permukaan rambut. Hal ini membuat rambut bisa memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau.

Kandungan ini juga melembutkan rambut dengan cara mengurangi gesekan antarhelai rambut. Jadi, rambut mudah disisir sehingga tetap kuat dan tidak mudah rapuh. Oleh karena itu, rambut kusutmu akan jauh lebih halus dan mudah diatur.

Trik membuat keratin hair mask pakai 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara biji fenugreek mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, mineral, dan serat. Berkat kandungannya, biji fenugreek adalah salah satu solusi paling efektif untuk mengatasi ketombe. Untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok, cara kerja fenugreek dengan memperkuat helai rambut hingga akarnya.

Nah, selain menjaga rambut tetap kuat, fenugreek bermanfaat mendorong pertumbuhan rambut dari kandungan protein dan asam nikotinat di dalamnya. Ditambah lagi, rambut berkilau diperoleh dari lesitin dalam fenugreek.

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES