Trik memperkuat rambut berwarna agar tak mudah patah pakai 4 bahan alami, atasi rontok dan bercabang

Trik memperkuat rambut berwarna agar tak mudah patah pakai 4 bahan alami, atasi rontok dan bercabang

Brilio.net - Bergonta-ganti warna rambut kadang sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Selain mempercantik penampilan, mewarnai rambut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih, sekarang telah banyak produk pewarna rambut yang bisa dibeli di mana saja. Penggunaannya pun mudah, tidak perlu bantuan profesional atau salon.

Rambut yang diwarnai butuh perawatan berbeda dari rambut alami. Pasalnya saat diwarnai, rambut akan terpapar langsung dengan bahan kimia, sehingga meningkatkan risiko kerusakan. Biasanya rambut yang diwarnai cenderung jadi kering dan mudah patah. Mengutip MedicalNewsToday, pewarna atau cat rambut adalah zat topikal yang mengubah warna rambut secara sementara, semi permanen, atau permanen.

Pewarna rambut dapat merusak batang rambut, membuatnya rapuh, dan lebih mudah patah. Kebanyakan pewarna rambut permanen menggunakan kombinasi amonia, hidrogen peroksida, dan p-phenylenediamine (PPD) untuk mewarnai rambut. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara merawat rambut berwarna agar rambut tetap sehat.

Salah satu cara untuk merawat rambut berwarna agar tak mudah patah adalah dengan rutin menggunakan hair mask. Tak perlu membeli produk hair mask di pasaran, pasalnya kamu juga bisa kok membuat hair mask untuk merawat rambut berwarnamu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Trik memperkuat rambut berwarna agar tak mudah patah pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @cursty pada (13/1) lalu. Melalui videonya tersebut, ia memberikan trik memperkuat rambut berwarna agar tak mudah patah pakai 4 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah telur, olive oil, castor oil, dan madu.

"How I keep my hair strong & healthy (Bagaimana saya menjaga rambut saya kuat & sehat)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @cursty, Minggu (16/4).

Manfaat telur untuk rambut berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, baik dari bagian putih atau kuning telur. Menjadikannya masker rambut atau mengonsumsinya secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan rambut. Bahkan telur juga mengandung protein yang tinggi sama dengan rambut yang juga mengandung protein atau yang disebut juga keratin.

Protein sendiri penting untuk menyatukan setiap helai rambut. Perlu diketahui pula bahwa rambut yang kekurangan protein akan jadi lemah, rapuh, dan mudah rontok. Oleh sebab itu, jika ingin memiliki rambut yang sehat, alangkah baiknya konsumsi sumber protein dan aplikasikan telur ke rambut untuk menjaga kadar keratin.

(brl/wen)

tags

STORIES