Hanya pakai 2 bahan dapur, begini trik membuat scalp scrub untuk atasi ketombe dan gatal di kepala

Hanya pakai 2 bahan dapur, begini trik membuat scalp scrub untuk atasi ketombe dan gatal di kepala

Brilio.net - Ketombe adalah masalah yang sangat menyebalkan bagi sebagian orang. Selain gatal, kebanyakan orang yang mengalami ketombe merasa malu dan tidak percaya diri sehingga kondisi ini dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari. Ketombe lebih sering muncul pada orang yang jarang keramas atau kurang menjaga kebersihan rambut.

Ketombe juga dapat muncul akibat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala, stres, perubahan hormon, hingga penyakit tertentu, seperti kulit kepala berjamur, psoriasis, dan dermatitis seboroik. Untuk mengatasinya, ada berbagai cara menghilangkan ketombe membandel dan gatal yang bisa kamu lakukan, selain menggunakan sampo antiketombe. Salah satunya adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit kepala.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengeksfoliasi kulit kepala, yaitu menggunakan chemical exfoliant maupun physical exfoliant. Jika chemical exfoliant disarankan untuk dilakukan oleh ahli, maka physical exfoliant bisa dilakukan sendiri di rumah, salah satunya menggunakan scrub untuk kulit kepala.

Selain itu, scrub kulit kepala sangat bagus untuk stimulasi kulit kepala. Scrub kulit kepala diperlukan untuk menghilangkan penumpukan produk, kotoran, minyak berlebih, maupun sel kulit mati dari kulit kepala penyebab ketombe. Walau kini sudah semakin banyak tersedia scrub khusus kulit kepala di pasaran, namun kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan alami lho.

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @siicas pada (6/12/2021) lalu. Dalam videonya tersebut, pemilik akun membagikan trik membuat scalp scrub untuk atasi ketombe dan gatal di kepala pakai 2 bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah bubuk kopi dan minyak zaitun.

"DIY hair scrub," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @siicas, Selasa (7/3).

Trik membuat scalp scrub pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat kopi untuk kulit kepala selain menjaga kulit kepala tetap bersih, ampas kopi juga membantu menghilangkan ketombe akibat kulit kepala yang berminyak. Cara kerjanya sama seperti scrub pada kulit wajah, ampas kopi yang diaplikasikan merata ke kulit kepala mampu mengangkat ketombe dan menjaga kulit kepala bersih dan sehat.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES