Hanya butuh 1 bahan alami, ini cara membuat heat protectant untuk cegah rambut rusak saat distyling

Hanya butuh 1 bahan alami, ini cara membuat heat protectant untuk cegah rambut rusak saat distyling

Brilio.net - Melakukan styling rambut merupakan hal yang umum dilakukan oleh para kaum hawa. Biasanya para wanita akan menggunakan catokan, hair dryer, hingga alat pengeriting rambut guna menunjang penampilan. Namun, jika terlalu sering menggunakan alat hair styling yang memberikan panas dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Nah, untuk menjaga rambut tetap terlindungi dari panas alat styling, sebaiknya gunakan heat protectant agar mencegah rambut rusak.

Sesuai namanya, heat protectant digunakan untuk melindungi rambut dari paparan suhu panas yang ekstrem. Umumnya produk rambut ini dapat ditemukan dalam kemasan spray. Sebagai perlindungan, lapisan pelindung rambut akan dilengkapi dengan minyak alami dan silikon yang aman untuk tubuh dan dapat diserap oleh rambut.

Heat protectant rambut juga dapat membantu menghaluskan lapisan terluar batang rambut, sekaligus membuatnya tampak berkilau dan sehat. Produk ini umumnya tersedia dalam bentuk semprotan (spray) yang mudah digunakan.

Formulanya diciptakan untuk menjaga kelembapan pada rambutmu. Meski di pasaran banyak sekali merek heat protectant yang bisa kamu pilih, namun kamu ternyata juga bisa lho membuat heat protectant sendiri dirumah. Bahkan hanya menggunakan bahan alami dan haircare yang kamu punya.

Cara membuat heat protectant pakai 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@yum_yum_sauce

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @yum_yum_sauce. Melalui video tersebut pemilik akun membagikan cara membuat heat protectant untuk cegah rambut rusak saat di styling pakai 1 bahan alami dan produk haircare. Bahan yang digunakan adalah minyak kelapa dan kondisioner.

"diy heat protectant," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @yum_yum_sauce, Kamis (23/2).

Minyak kelapa merupakan bahan alami serbaguna yang ternyata juga bisa digunakan sebagai heat protectant untuk menjaga rambut tidak terbakar ketika mencatok. Kenapa bisa minyak kelapa dijadikan sebagai heat protectant? Minyak kelapa bisa menjaga rambut agar tidak rusak ketika dicatok dengan suhu kurang dari 170 derajat celcius.

Cara membuat heat protectant pakai 1 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@yum_yum_sauce

Selain itu, minyak kelapa juga bisa berfungsi sebagai kondisioner yang akan membuat rambut jadi lebih halus dan lembut. Ditambah, minyak kelapa juga dikenal sebagai bahan alami yang bisa memperbaiki kerusakan rambut akibat terlalu banyak menggunakan catokan.

Begitupun dengan kondisioner yang mampu melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut dari panasnya alat styling. Kutikula mengontrol kandungan air pada serat rambut dan melindungi lapisan terdalamnya yang memberikan kekuatan dan tekstur pada rambut. Kondisioner menghaluskan kutikula ini, jadi rambutmu tampak halus, berkilau, dan sehat.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES