Cuma butuh 2 bahan dapur, ini trik mengatasi rambut kasar agar lembut dan berkilau

Cuma butuh 2 bahan dapur, ini trik mengatasi rambut kasar agar lembut dan berkilau

"Quick and easy homemade hair mask (Masker rambut yang cepat dan mudah)," tulis sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @heypumpkindaily, Rabu (22/2).

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga dipercaya dapat menjaga dan merawat rambut agar tampak indah dan sehat. Semua itu berkat kandungan asam oleat, asam palmitat, antioksidan, dan squalene di dalam minyak zaitun.

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kelembapan rambut. Dikutip dari International Journal of Trichology, minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Kandungan asam oleat dan asam palmitat pada minyak zaitun dipercaya dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih lembap, lembut, dan mudah diatur.

Trik mengatasi rambut kasar pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@heypumpkindaily

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin dan menjaga kelembapannya. Begitupun dengan madu yang dapat membantu rambut tampak lebih berkilau. Madu dapat bertindak sebagai emolien sekaligus humektan sehingga diyakini sebagai pelembap yang mampu menutrisi rambut.

Sifat emolien pada madu membantu melembutkan folikel rambut sehingga membuatnya terlihat lebih berkilau. Sementara itu, sifat humektan madu dapat mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering, kasar, dan kusam.

Triknya cukup mudah, kamu hanya perlu menjadikan kedua bahan tersebut sebagai masker rambut. Caranya, tuangkan 1 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu kedalam mangkuk. Lelehkan kedua bahan menggunakan oven atau dengan teknik double boiling.

Jika sudah mencair dan tercampur, kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada rambut yang sudah dibasahi. Aplikasikan keseluruh bagian rambut dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas menggunakan sampo dan jangan lupa pakai kondisioner, ya.

Trik mengatasi rambut kasar pakai 2 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@heypumpkindaily

Video yang membagikan trik mengatasi rambut kasar agar lembut dan berkilau pakai 2 bahan dapur ini mendadak viral. Sampai saat ini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 147,5 ribu kali dan memperoleh beberapa komentar.

"Lakukan ini sekarang dan aku yakin ini pasti berhasil," kata pemilik akun @princessbonnibe1.

"Aku menggunakan ini dan bekerja dengan sangat baik rambutku terasa sangat halus," ungkap akun @grace.000000000.

"Aku akan mencobanya nanti," celetuk pemilik akun @pussinboots124.

@heypumpkindaily Quick and easy homemade hair mask #haircare #hairmask #beautytips #fyp Chase Seattle 1 No Theme - David Nyman

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES