Cara membuat tonic untuk atasi frizzy hair ini cuma pakai 3 bahan alami, bikin lembut dan antirontok

Cara membuat tonic untuk atasi frizzy hair ini cuma pakai 3 bahan alami, bikin lembut dan antirontok

Dikutip dari The Better India, biji kelabat atau fenugreek kaya akan protein, niasin, asam amino, dan kalium. Kandungan nutrisi tersebut mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain dikonsumsi, kamu bisa mengolah biji kelabat menjadi masker rambut. Biji fenugreek bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan mencegah rambut kering.

Sedangkan jintan hitam atau habbatussauda memiliki kandungan senyawa antibakteri sekaligus antimikroba aktif. Kandungan senyawa ini mampu menghilangkan bakteri di kulit kepala dan rambut. Manfaat lain jintan hitam adalah mengunci kelembapan setiap helai rambut karena kaya kandungan asam amino. Selain itu, jintan hitam juga bisa membantu menyehatkan folikel sehingga menjaga kelembapan dan pH alami di kulit kepala.

Begitupun dengan fermentasi beras yang mengandung inositol dan asam amino. Kandungan inositol dan asam amino pada air beras memberikan lapisan tambahan pada permukaan rambut. Hal ini membuat rambut bisa memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau. Kandungan ini juga melembutkan rambut dengan cara mengurangi gesekan antarhelai rambut. Jadi, rambut mudah disisir sehingga tetap kuat dan tidak mudah rapuh.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari bahan-bahan tersebut. Yuk simak cara membuatnya berikut ini:

Cara membuat tonic untuk atasi frizzy hair cuma pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Bahan:

1. 1 sendok makan biji fenugreek.

2. 1 sendok makan jintan hitam.

3. 1 sendok makan fermentasi beras.

4. Air secukupnya.

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan pada wadah lalu aduk sampai merata.

2. Diamkan selama 4-5 jam hingga air berubah kekuningan.

3. Aplikasikan pada rambut secara merata sembari dipijat perlahan.

4. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air dan lanjutkan dengan sampo serta kondisioner.

5. Gunakan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Cara membuat tonic untuk atasi frizzy hair cuma pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cara membuat tonic untuk atasi frizzy hair cuma pakai 3 bahan alami ini langsung viral. Sampai saat ini videonya sudah dilihat sebanyak 134,4 ribu kali dan memperoleh lebih dari 2.500 tanda suka.

@aribasfoodmood 100% effective hair spray toner for strong, shiny, healthy and dry frizzy hair. It helps to reduce heavy hairfall. Must try thisis my personal experience.#didyouknow #care #haircareroutine #selfcare #hairfallsolution #tipsandtricks #helpfultips #fyp #fyp #fypp #fypviral #fypdongggggggg Sunroof - Nicky Youre & dazy

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES