Cara membuat hair mask untuk rawat rambut diwarnai pakai 3 bahan alami, cegah kering dan kusut

Cara membuat hair mask untuk rawat rambut diwarnai pakai 3 bahan alami, cegah kering dan kusut

Brilio.net - Selain rambut hitam, mewarnai rambut memang sudah menjadi tren tersendiri dalam dunia kecantikan. Bahkan, tak jarang wanita menyukai ganti-ganti wara rambut sesuai dengan tren yang ada. Namun, di balik warna yang cantik, terdapat dampak negatif terhadap rambut apabila tidak rajin merawatnya.

Bahan kimia yang ada di dalam cat bisa membuat rambut rusak. Batang rambut menjadi kering, mudah patah, bahkan bercabang.

Pasalnya, bahan kimia berat dalam cat rambut bisa merusak batang rambut. Ammonia, salah satu bahan yang umum ditemui dalam cat rambut dapat membuat rambut kering dan kusam. Karena itu rambutmu perlu perlindungan sejak awal. Karena hal itu, rambut yang diwarnai perlu melakukan perawatan rutin agar warna rambut tetap awet, sehat, dan indah.

Merawat rambut yang diwarnai ternyata tidak harus pergi ke salon, tetapi kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @dominiquemunguia. Dalam videonya, pemilik akun membagikan cara membuat hair mask untuk rawat rambut diwarnai pakai 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan diantaranya, telur, cuka apel, dan madu.

"DIY Hair Mask: Dry Hair Edition (Cara membuat masker rambut: edisi rambut kering)," tulisnya sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dominiquemunguia, Senin (6/3).

Manfaat telur untuk rambut berasal dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya, baik dari bagian putih atau kuning telur. Telur mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya lebih berkilau antara lain, vitamin A, D, E, dan zat besi. Selain vitamin, mineral, dan protein, telur juga memiliki kandungan lemak, termasuk asam lemak omega-3 dan lesitin.

Cara membuat hair mask untuk rawat rambut diwarnai pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dikutip dari Mayo Clinic, lemak sehat mampu memberikan hidrasi pada rambut sehingga membuatnya tetap lembap. Itu sebabnya, manfaat telur sangat baik untuk mengatasi rambut kering. Tak terkecuali pada rambut yang berwarna.

Sementara itu, cuka apel diketahui memiliki kandungan asam alpha-hydroxy. Kandungan inilah yang nantinya membantu meningkatkan kualitas rambut. Berkat kandungan tersebut cuka apel bisa menghaluskan kutikula atau batang rambut, sehingga bikin rambut berwarnamu tampak berkilau alami. Kandungan asam pada cuka apel juga membantu menyegel lapisan luar rambut, sehingga batang rambut terasa halus dan terhidrasi dengan baik.

Sedangkan, madu memiliki ragam manfaat untuk kesehatan rambut karena kandungan nutrisi didalamnya mampu mengatasi berbagai masalah kerusakan rambut. Selain itu, madu juga mampu melindungi beragam kerusakan rambut yang disebabkan oleh faktor eksternal. Hal ini karena, madu merupakan emolien yang dapat membantu mengunci kelembapan pada rambut, sehingga dapat membuat rambut yang diwarnai kembali halus dan berkilau.

Dengan penggunaan madu sebagai salah satu rangkaian perawatan rambut, kerusakan yang disebabkan oleh faktor luar seperti penggunaan alat styling hingga pewarnaan rambut dapat dicegah. Sebab, madu mampu memperkuat rambut dan mempersiapkannya untuk menghindari kerusakan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES