Cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil dari 6 bahan alami, bikin lebat & mudah diatur

Cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil dari 6 bahan alami, bikin lebat & mudah diatur

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @fayette_nyehn pada 8 Maret 2022. Melalui video unggahannya, pemilik akun membagikan cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil yang terbuat dari enam bahan alami, seperti avocado oil, coconut oil, serai, daun mint, rosemary, dan aloe vera.

"How I Make my Hair Growth Oil," tulisnya dalam video unggahan, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @fayette_nyehn, Jumat (7/4).

Cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil dari 6 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Avocado oil atau minyak alpukat memiliki kandungan vitamin E, fatty acid dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Minyak alpukat dapat melembapkan batang rambut. Pada dasarnya, minyak memiliki sifat oklusif karena dapat membungkus batang rambut dan mengunci kelembapan di dalamnya. Sehingga, air tidak mudah untuk menguap dan membuat rambut menjadi kering.

Menggunakan minyak alpukat setelah keramas dan mengombinasikannya dengan produk perawatan rambut lainnya dapat dijadikan sebagai cara untuk menjaga kelembapan batang rambut. Apalagi jika kamu memiliki tekstur rambut keriting yang cenderung kering.

Sedangkan minyak kelapa atau coconut oil, berasal dari biji buah kelapa dan merupakan asam lemak rantai sedang yang terdiri dari asam laurat, asam kaprat, asam oleat, serta asam linoleat. Berkat rantai asam lemak ini, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap rambut apabila digunakan sebelum keramas. Namun, pastikan kamu memilih minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan berkilau.

Sementara serai merupakan salah satu bahan alami yang memiliki kandungan vitamin A dan C yang merupakan sumber nutrisi penting untuk kulit kepala. Serai bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan kulit kepala, hingga mengatasi rambut kusut.

Daun mint juga salah satu bahan yang memiliki kandungan menthol di dalamnya. Kandungan mentol tidak hanya memberikan aroma dan sensasi dingin pada peppermint, tapi juga berperan besar dalam memberikan khasiatnya. Salah satunya adalah untuk pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Begitupun dengan rosemary yang mengandung asam lemak bernama asam linoleat dan asam oleat. Kedua jenis asam ini memberikan lapisan minyak pada batang rambut. Hal ini mencegah penguapan kadar air pada batang rambut. Jadi, rambut tampak sehat, halus, serta tanda-tanda rambut kering akhirnya bisa berkurang.

Aloe vera atau lidah buaya juga merupakan bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat hair oil. Pasalnya, lidah buaya bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. Nah, khasiatnya ini dipercaya bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut.

Bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuat hair oil guna mengatasi rontok pada rambut keriting. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

Cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil dari 6 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@fayette_nyehn

1. 1 cup avocado oil
2. 1 sendok makan minyak kelapa
3. 2 batang serai
4. Daun mint dan rosemary secukupnya
5. Aloe vera secukupnya

Cara membuat:

Cara atasi rontok pada rambut keriting pakai hair oil dari 6 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@fayette_nyehn

1. Campurkan avocado oil dan minyak kelapa pada wadah, lalu lelehkan dengan metode double boiling
2. Tambahkan serai, daun mint, rosemary, dan aloe vera yang sudah dipotong-potong
3. Masak sampai daun-daunan layu
4. Angkat dan biarkan sampai agak dingin
5. Saring dan pindahkan kedalam wadah
6. Aplikasikan pada seluruh rambut dan kulit kepala secara merata lalu diamkan selama 30 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner
8. Gunakan secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

@fayette_nyehn How I Make my Hair Oil! Watch full video on my YouTube channel.#hairgrowth #4chair #naturalhair #fyp #hair #aloevera Pieces (Solo Piano Version) - Danilo Stankovic

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES