Hanya dalam seminggu, begini cara atasi jamur kuku pakai 3 bumbu dapur

Hanya dalam seminggu, begini cara atasi jamur kuku pakai 3 bumbu dapur

Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda. Oleh karena itu, kuku lebih berisiko terkena bakteri, kotoran, dan jamur. Permasalahan yang satu ini tidak hanya mengganggu kesehatan saja. Tetapi, juga bisa mengganggu penampilan karena kuku yang berjamur memberikan warna kuning yang tak sedap dilihat.

Sementara itu, jamur kuku sendiri disebabkan oleh jenis jamur dermatofit, candida, dan aspergillus. Penyebab utama dari adanya kuku jamur ini adalah faktor lingkungan, infeksi atau luka, penggunaan sepatu yang lembap, dan sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Di sisi lain, kondisi jamur kuku ini menunjukkan gejala yang perlu kamu ketahui. Terdapat lima gejala umum yaitu perubahan warna kuku yang menjadi kuning atau cokelat, bentuk yang berubah menjadi melengkung, rapuh, terkelupas, dan menimbulkan rasa sakit.

Untuk mengatasi dan mencegah kondisi tersebut kamu harus mulai memperhatikan kebersihan dan kelembapan area kuku. Namun bagaimana jika jamur kuku tersebut sudah terjadi? Nah, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan dapur, seperti bawang putih, cuka, dan baking soda.

Bahan dapur, seperti bawang putih ini dikenal memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi jamur, termasuk infeksi jamur kuku. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yaitu senyawa aktif yang memiliki efek antimikroba dan antijamur yang kuat.

Tidak hanya itu, adanya kandungan sulfur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, bisa membantu mengatasi infeksi jamur dan proses penyembuhan. Lantas bagaimana cara menggunakan ketiga bahan dapur tersebut untuk mengatasi jamur kuku?

cara atasi jamur kuku berbagai sumber

foto: YouTube/Rafiq Afizah

Bahan-bahan:

1. Siapkan 3 hingga 4 siung bawang putih
2. Baking soda
3. Cuka

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES