Bukan pakai hair tonic, ini cara menumbuhkan rambut rontok pakai deep conditioner dari 3 bahan alami

Bukan pakai hair tonic, ini cara menumbuhkan rambut rontok pakai deep conditioner dari 3 bahan alami

Brilio.net - Umumnya, rambut baru akan tubuh dan menggantikan rambut yang rontok. Namun jika rambut rontok berlebihan, apalagi bila disertai dengan terganggunya pertumbuhan rambut atau berhenti, tentu kamu berisiko mengalami masalah kebotakan. Ada berbagai penyebab rambut rontok berlebihan terjadi, mulai dari faktor genetik, kekurangan nutrisi, hingga kondisi medis tertentu yang tengah diderita.

Tentu saja, tidak ada yang ingin memiliki rambut yang rontok. Tetapi, tanpa disadari, beberapa dari kita kerap melakukan beberapa kebiasaan yang sebenarnya memicu kerontokan rambut, lho. Seperti seringnya penggunaan alat styling hingga kurangnya perawatan rambut yang dilakukan.

Oleh karena itu, pentingnya melakukan perawatan rambut secara rutin agar masalah ini bisa segera ditangani. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang sudah dipercaya mampu menumbuhkan rambut. Walaupun membutuhkan waktu yang lama, tidak salahnya mencoba bahan alami ini. Jika digunakan secara rutin, hasilnya juga tak kalah efektif dengan produk hair care seperti hair tonic yang dijual di pasaran kok.

Nah, bahan alami tersebut bisa kamu olah menjadi deep conditioner guna menumbuhkan sekaligus menutrisi rambut. Seperti halnya video yang diunggah oleh pengguna TikTok dengan nama akun @curlybethany pada 24 Januari 2021 lalu. Dalam video tersebut ia membagikan cara menumbuhkan rambut rontok pakai deep conditioner dari 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah minyak zaitun, madu, dan minyak kelapa.

Deep conditioner merupakan salah satu ritual perawatan dengan melapisi rambut dengan produk yang menutrisi secara mendalam. Biasanya deep conditioner memerlukan waktu lebih lama (20-30 menit) agar rambut menyerap lebih banyak substansi berupa kelembapan atau protein sesuai jenis kondisioner yang dipakai.

"growth, hydrating and conditioning homemade hair mask, leaves my hair shining (pertumbuhan, menghidrasi dan masker kondisioner rambut buatan sendiri, membuat rambut saya bersinar)," tulisnya dalam keterangan video, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @curlybethany, Kamis (8/6).

Cara menumbuhkan rambut rontok pakai deep conditioner dari 3 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, minyak zaitun juga dipercaya dapat menjaga dan merawat rambut agar tampak indah dan sehat. Semua itu berkat kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalam minyak zaitun. Kandungan vitamin E yang kaya pada minyak tersebut dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Hal ini juga dapat menghilangkan penumpukan sebum di kulit kepala yang membuat folikel rambut tidak ada hambatan. Pemakaian minyak zaitun secara rutin dapat memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.

Sementara itu, manfaat madu untuk rambut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, mineral, vitamin, dan antioksidan. Khasiat madu untuk rambut mampu merangsang pertumbuhan rambut hingga memperkuat rambut. Hal ini karena madu dipercaya memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan sel. Maka, boleh jadi rambut adalah salah satu sel di antaranya.

Sebuah tinjauan dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan bahwa manfaat madu mampu menstimulasi pertumbuhan sel epitel kulit. Sifat madu tersebut dikaitkan dengan jaringan rambut karena sel epitel memproduksi folikel yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Begitupun dengan minyak kelapa yang merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari daging buah kelapa. Di dalamnya kaya kandungan vitamin, asam lemak, asam laurat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut. Tak heran jika banyak produk perawatan rambut yang juga menggunakan minyak kelapa sebagai bahan utamanya.

Minyak kelapa memiliki manfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Sebab, di dalam minyak kelapa mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala serta membantu merangsang pertumbuhannya. Asam lemak ini memiliki peran dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegahnya dari kerontokan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES