Bikin rambut lembap dan mudah diatur, ini cara membuat hair gel pakai 4 bahan alami

Bikin rambut lembap dan mudah diatur, ini cara membuat hair gel pakai 4 bahan alami

Manfaat flaxseed untuk rambut berasal dari kandungan vitamin esensial yang ada di dalamnya sehingga akan merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan kuat. Kandungan omega-3 membantu untuk menghindari kulit kepala kering dan bersisik, serta menutrisi rambut dan meningkatkan elastisitas rambut, yang berarti mengurangi resiko rambut patah. Bahkan, gel yang dihasilkan oleh flaxseed juga mampu melembapkan rambut yang kering dan kasar. Sehingga rambut jadi mudah di styling.

Sementara lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang berkontribusi untuk regenerasi sel-sel dan mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan lebih berkilau. Vitamin B12 dan asam folat juga terkandung dalam gel lidah buaya. Kedua komponen ini mampu menjaga helai-helai dari rambutmu agar tidak mudah patah saat di styling.

Begitupun dengan almond oil atau minyak almond yang mampu mengurangi kemungkinan kerusakan dan mengatasi rambut bercabang. Di samping itu, minyak almond untuk rambut punya efek pelumas sehingga mengurangi gesekan selama penataan rambut.

Minyak almond juga mempunyai sifat emolien, yakni mampu mengisi celah atau kerak yang terdapat pada sel-sel rambut. Dengan demikian, rambut kamu bisa terasa lebih lembut dan mudah diatur.

Cara membuat hair gel pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@rihanashani

Sedangkan castor oil atau minyak jarak pada dasarnya sangat baik untuk melembutkan dan menghidrasi rambut secara alami. Sempurna untuk dijadikan sebagai senjata melawan rambut kering dan kasar, sehingga rambutmu pun jadi lebih mudah diatur.

Membuat hair gel-nya pun sangat mudah, masukkan 1 cup flaxseed ke dalam panci. Lalu campur dengan air, masak hingga mendidih. Jangan lupa untuk menggunakan api kecil agar flaxseed tidak hangus.

Setelah mendidih, matikan kompor dan saring ke dalam mangkuk kaca. Sementara menunggu air rebusan flaxseed dingin dan mengental, kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya. Blender tanpa menambahkan air. Campurkan hasilnya ke dalam mangkuk yang berisi flaxseed dan aduk hingga rata.

Cara membuat hair gel pakai 4 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@rihanashani

Jika sudah merata, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan almond oil dan 1 sendok makan castor oil atau minyak jarak kedalam mangkuk tersebut dan aduk hingga rata.

Gel rambutmu kini sudah bisa kamu aplikasikan ke rambut setelah menggunakan curl milk, curl cream, atau leave-in conditioner pada saat rambut masih basah. Agar lebih awet, kamu bisa memindahkannya pada botol kaca dan simpan di kulkas pendingin.

Video yang membagikan cara membuat hair gel pakai 4 bahan alami ini mengundang reaksi dari warganet. Hingga saat ini videonya sudah ditonton sebanyak 13,2 ribu kali dan memperoleh beberapa komentar.

"Aku butuh ini," kata pemilik akun @mixing.mama.

"Makasih untuk tutorialnya," celetuk akun @iijennyarts.

@rihanashani Link in bio for more DIY hair recipes #diyhairrecipes #diyhairtutorial #diyhairgrowthgel #naturalhairtiktok #hairtok #learnontiktok #healthyhaircare #haircaretips #curltok #healthyhairtiktok Slow Motion - AMARIA BB

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES