Bikin lembap dan lembut, begini trik atasi rambut sulit diatur pakai masker dari 3 bahan dapur

Bikin lembap dan lembut, begini trik atasi rambut sulit diatur pakai masker dari 3 bahan dapur

Brilio.net - Memiliki rambut yang susah diatur bisa menjadi tantangan yang dihadapi sehari-hari. Sesaat setelah kamu berhasil menata rambut dengan tampilan sempurna, rambut mulai mengeriting kembali. Bagi kamu yang kerap mengalaminya, mungkin sedikit kesal. Rambut yang sulit diatur bisa dialami baik pria maupun wanita.

Rambut yang sulit ditata, seringkali kondisinya kering dan cenderung mengeriting. Ciri-ciri lainnya rambut cenderung terlihat kusam dan kering. Penyebab rambut susah diatur adalah berkurangnya produksi sebum di kulit kepala. Artinya, rambut tidak cukup minyak alami yang membuatnya kehilangan elastisitas dan kehalusannya. Kurangnya kelembapan pada rambut bisa menjadi alasan lain yang menyebabkan rambut kusut dan susah diatur.

Umumnya rambut kering, kaku, dan susah diatur merupakan efek kerusakan. Rambut yang rusak sering kali disebabkan hair dryer, meluruskan rambut dengan catokan, salah sampo, salah sisir, dan salah perawatan rambut. Nah, untuk mengembalikan kesehatan dan kelembutannya, kamu bisa menggunakan hair mask atau masker rambut yang diformulasikan untuk rambut kusut dan rusak.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada dirumahmu untuk merawat rambutmu yang sulit diatur. Sama halnya seperti yang dibagikan oleh salah satu pemilik akun TikTok @beautyhacks7777. Melalui video yang diunggah tersebut pemilik akun membagikan trik atasi rambut sulit diatur pakai masker dari 3 bahan dapur. Bahan-bahan dapur yang digunakan adalah beras, aloe vera gel, dan castor oil atau minyak jarak.

"Rice hair mask (masker rambut beras)," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @beautyhacks7777, Selasa (21/3).

Kandungan inositol dan asam amino pada air beras memberikan lapisan tambahan pada permukaan rambut. Hal ini membuat rambut bisa memantulkan cahaya sehingga tampak berkilau. Kandungan ini juga mampu melembutkan rambut dengan cara mengurangi gesekan antarhelai rambut. Jadi, rambut mudah disisir sehingga tetap kuat dan tidak kusut. Terlebih, rambut yang lebih mudah disisir membuat permukaannya tampak halus dan lebih bersinar.

Trik atasi rambut sulit diatur pakai masker dari 3 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, aloe vera gel mengandung banyak vitamin (termasuk, vitamin A, C, E, B12), asam amino esensial, asam lemak, serta mineral tembaga dan zinc. Berkat kandungan tersebut, aloe vera gel dapat memperbaiki rambut rusak. Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, bercabang, hingga sulit diatur. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki rambut rusak dan membuatnya terasa lembap.

Tak terkecuali castor oil yang mampu membantu menghaluskan dan menyehatkan rambut yang stres. Bahan alami ini bisa memberikan kilau pada rambut serta mengembalikan helai rambut dari yang bercabang menjadi sehat terawat. Hal ini berkat kandungan asam risinoleat bertindak sebagai humektan, yang mempertahankan kelembapan dengan mencegah kehilangan air melalui lapisan luar rambut.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES