Bikin kembali halus dan sehat, begini trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami

Bikin kembali halus dan sehat, begini trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami

Brilio.net - Rambut merupakan salah satu aset yang harus dirawat keindahannya, karena rambut menjadi mahkota yang mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Tak ayal berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan rambut cantik dan indah.

Selain menjaga kesehatannya, rambut lurus juga sangat diidam-idamkan banyak kaum hawa. Pasalnya rambut lurus lebih mudah diatur. Tak heran jika banyak yang memilih jalan instan untuk mendapatkan rambut lurus, yakni rebonding.

Namun sayangnya, rebonding hanya membuat tampilan di awal menarik. Namun seiring berjalannya waktu, apabila tidak diimbangi dengan perawatan rutin, rambut di-rebonding justru akan terlihat kusam, rusak, dan bercabang.

Biasanya bila sudah begini wanita akan menyesal rebondingrambutnya dan justru menginginkan rambut lamanya kembali. Pemakaian bahan kimia yang keras dan alat pemanas yang berlebih pada teknik pelurusan rambut membuat rambut kehilangan kilau alami dan elastisitasnya.

Hal itu disebabkan rusaknya kandungan keratin alami pada rambut. Keratin adalah protein yang ditemukan pada rambut, kulit dan kuku. Fungsi dari keratin untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Untuk membuat rambut menjadi kembali sehat dan halus, kamu harus melakukan perawatan rutin, salah satunya dengan menggunakan masker rambut.

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami=
TikTok/@dorahermin

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli masker yang dijual di pasaran, karena kamu juga bisa lho membuat masker sendiri untuk merawat rambut bekas rebonding, hanya dengan memakai 3 bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok @dorahermin pada (24/3/2022).

"Masker rambut rusak kering bekas cat dan rebonding," tulis pemilik akun dalam video unggahannya.

Dalam video unggahan tersebut pemilik akun membagikan trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami, yoghurt, minyak kelapa, dan madu. Nah, kamu juga bisa menambahkan kondisioner andalanmu dalam masker rambut ini untuk memaksimalkan kelembapan rambut.

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami=
TikTok/@dorahermin

Tak hanya baik untuk tubuh, ternyata yogurt juga bermanfaat bagi rambut. Hal ini berkat kandungan protein dan lactic acid yang dimilikinya. Nutrisi dan efek melembapkannya bisa menangkal masalah-masalah rambut, seperti rambut kering, rusak, dan ketombe.

Kandungan pada yoghurt bisa menambahkan kelembapan sekaligus menguncinya di helai rambutmu. Perawatan dengan yoghurt juga cocok bagi pemilik rambut rusak karena terlalu sering diwarnai, kena panas alat styling rambut, atau karena lingkungan.

Begitupun dengan minyak kelapa, kandungan asam laurat, asam kaprat, asam oleat, dan asam linoleat ternyata mampu mengatasi kerusakan rambut. Bahkan minyak alami ini mampu melawan dampak radikal bebas dan dapat meningkatkan kelembapan kulit kepala.

Asam laurat dalam minyak kelapa mampu mengatasi kerusakan rambut. Senyawa ini bekerja dengan menghasilkan protein yang nantinya meresap sampai ke batang rambut. Proses inilah yang membantu perbaikan rambut rusak.

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami Berbagai sumber

Trik merawat rambut bekas rebonding pakai 3 bahan alami
TikTok/@dorahermin

Sedangkan madu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi berbagai masalah kerusakan rambut. Hal ini karena, madu merupakan emolien yang dapat membantu mengunci kelembapan pada rambut, sehingga dapat membuat rambut kembali halus dan berkilau.

Sementara kondisioner merupakan salah satu haircare yang mampu melindungi lapisan terluar rambut, yakni kutikula rambut. Kondisioner akan membantu menghaluskan kutikula, jadi rambutmu tampak halus, berkilau, dan sehat.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES