Bikin auto lebat dan lembut, ini trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari 4 bahan dapur

Bikin auto lebat dan lembut, ini trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari 4 bahan dapur

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @janed.low pada (22/2) lalu. Dalam video unggahannya, pemilik akun tersebut memberikan trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari empat bahan dapur. Bahan dapur yang digunakan adalah beras, jahe, bawang merah, dan bawang putih.

Beras mengandung asam amino yang bermanfaat bagi kesehatan rambut. Diketahui, asam amino merupakan senyawa yang penting untuk membentuk helai rambut sehat. Selain itu, air beras mengandung jenis karbohidrat bernama inositol.

Kandungan tersebut bisa melapisi batang rambut, sehingga lebih kuat dan tidak mudah rapuh. Beras juga mengandung berbagai senyawa yang bersifat antioksidan yang bisa melindungi rambut dari paparan radikal bebas penyebab kerusakan. Sehingga rambut jadi lebih lebat dan bebas rontok.

Trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara jahe, mengandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Kedua kandungan ini sangat baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jahe termasuk bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain vitamin C dan magnesium, jahe juga memiliki kandungan lain, seperti gingerol, shogaol, dan zingerones.

Dari semua kandungan yang terdapat dalam jahe, gingerol memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang paling kuat dan berperan untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, salah satunya dalam merangsang pertumbuhan rambut. Manfaat jahe untuk rambut selanjutnya adalah untuk mengurangi rambut rontok berkat aliran darah ke kulit kepala yang lancar.

Bahkan, kandungan asam lemak di dalam jahe juga sangat baik untuk mempertebal rambut. Begitupun dengan bawang merah yang mengandung sulfur, zat mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim dan protein. Sulfur ditemukan dalam asam amino, komponen dalam protein.

Protein, terutama keratin, dikenal kaya akan kandungan sulfur yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kerontokan juga bisa dicegah dengan menggunakan bawang merah. Ketika dioleskan pada kulit kepala dan rambut, bawang merah dapat memperkuat dan menebalkan rambut.

Tak terkecuali dengan bawang putih yang juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C, sulfur, dan antioksidan pada bawang putih dipercaya dapat mengatasi rambut rontok. Selain dapat mencegah kerontokan rambut, bawang putih juga memiliki kegunaan yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut pada kulit kepala.

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung sulfur yang diperlukan dalam produksi keratin. Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan yang digunakan, yuk simak cara membuat hair tonic-nya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @janed.low pada Sabtu (29/4).

Bahan:

Trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@janed.low

1. Segenggam beras
2. Jahe secukupnya, iris tipis-tipis
3. 3 siung bawang merah, iris tipis
4. 3-4 siung bawang putih, iris-iris
5. Air secukupnya

Cara membuat:

Trik atasi rambut rontok pakai hair tonic dari 4 bahan dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@janed.low

1. Tuangkan bahan-bahan pada panci lalu masak selama 15-20 menit dan sampai mendidih
2. Saring lalu diamkan sampai agak dingin
3. Pindahkan ke dalam botol penyimpanan
4. Aplikasikan pada rambut khususnya pada bagian akar rambut dan kulit kepala sembari dipijat-pijat
5. Diamkan semalaman lalu bilas pagi harinya menggunakan sampo dan kondisioner
6. Gunakan secara rutin 2 hari sekali untuk mendapatkan rambut yang lebat, lembut, dan bebas rontok.

@janed.low Solusi Rambut Rontok dengan bahan rempah rempah #solusirambutsehat #solusirambutrontok #jahe #bawangmerah #bawangputih #rambutberkilau #rambutsehat #haircare #haircareroutine #haircaretips #rambutpanjang #rambutlebat #affliatepemula #haircareroutine #tiktokviral #skincare #fyp #fyp Heyek Crew Suwung - haluallday

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES