Bersih dari ketombe dan gatal, begini cara atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur

Bersih dari ketombe dan gatal, begini cara atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur

Seperti unggahan dari akun TikTok @aribasfoodmood pada 10 Juni 2023, yang membagikan cara atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur. Bumbu yang dimaksud adalah bawang putih. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu castor oil atau minyak jarak.

"Cures dandruffs completely & Soothes itchy scalp (Menyembuhkan ketombe secara menyeluruh & Menenangkan kulit kepala yang gatal)," kata pemilik akun sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @aribasfoodmood, Senin (11/12).

Atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bawang putih adalah bumbu dapur yang hampir digunakan pada semua masakan. Selain dapat melezatkan sebuah masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Salah satunya adalah mengatasi kepala berminyak dan berketombe. Ini berkat kandungan selenium pada bawang putih.

Selenium pada bawang putih dapat menutrisi rambut dan kulit kepala secara maksimal. Bawang putih juga dilengkapi dengan sifat antimikroba, antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi untuk mengatasi ketombe, gatal, dan iritasi pada kulit kepala.

Begitupun dengan minyak jarak yang juga tak hanya mampu melembapkan rambut dan kulit kepala, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi ketombe dan kulit kepala gatal. Minyak alami ini memiliki sifat antimikroba yang bisa melawan kuman penyebab ketombe. Sementara kandungan risin di dalamnya berfungsi sebagai pembunuh jamur.

Atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Hanya dengan kedua bahan tersebut kamu bisa mengatasi kepala berminyak penyebab ketombe dan gatal. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 bonggol bawang putih
2. 1 sendok makan minyak jarak atau castor oil

Atasi kepala berminyak pakai 1 jenis bumbu dapur Berbagai sumber

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cara membuat dan menggunakan:

1. Kupas bawang putih kemudian cuci sampai bersih.
2. Blender atau parut bawang putih sampai benar-benar halus.
3. Saring bawang putih yang sudah halus dan ambil sarinya.
4. Tambahkan castor oil kemudian aduk keduanya sampai tercampur merata.
5. Pindahkan ke dalam botol spray untuk mempermudah pengaplikasian.
6. Semprotkan pada bagian kulit kepala secara menyeluruh.
7. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap.
8. Diamkan selama 1 jam kemudian bilas menggunakan sampo dan kondisioner.
9. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

@aribasfoodmood Cures dandruffs completely & Soothes itchy scalp.. Spray this on your scalp and the results will Shock you Grate two onions and squeeze out the juice, Add 1tbsp of caster oil,mix, Spray and massage into your scalp Wait for an hour then shampoo your hair.. #hairproblems #itchyhair #dandruff #dandruffremovel #healthyhair #fy #fyp #healthyhairtips #foryou original sound - MYKEE MOVES

(brl/jad)

tags

STORIES